Kita hidup dijaman seriusnya hukum hak cipta, dan Jepang adalah salah satu negara yang sangat sangat serius akan hal tersebut. Bahkan provider internet di Jepang juga aktif melakukan blokir situs-situs untuk membaca manga bajakan. Dan begitu juga dengan seri anime GuP atau Girl und Panzer, yang kemarin-kemarin memberikan pengumuman yang agak mengkhawatirkan, dimana mereka akan mengurangi tak hanya penjualan merch bajakan, tapi juga Doujinshi.

Seri anime GuP atau Girl und Panzer sedang lumayan hot walaupun tak begitu aktif. Karena saat ini adalah masa bagian akhir anime tersebut, dengan sedang berjalannya seri movie yang menjadi penutup seri tersebut, Girl und Panzer das Finale, yang bagian pertamanya tayang pada bulan Desember lalu.

Girls und Panzer

Karena itu pengumuman ini agak mengejutkan. Pengumuman ini diberikan diawal bulan Juni melalui Twitter official seri Girl und Panzer, mengatakan kalau mereka akan mengurangi penjualan merchandize yang tak resmi.

Dikatakan kalau penjualan merchandize bajakan ataupun merch buatan sendiri, dan doujinshi, akan langsung dianggap pelanggaran hak cipta. Tweet tersebut juga mendorong para fans untuk tidak membeli hal-hal tersebut.

Pengumuman akan keputusan tersebut kemungkinan, walau tak pasti juga, berhubungan dengan ditemukannya seorang pria berumur 33 tahun bernama Mori Kazuki yang ditangkap oleh kepolisian Kota Kurashiki pada bulan November lalu. Yaitu karena ia menjual merchandize tak resmi dari seri Girl und Panzer, berupa stiker bergambarkan logo sekolah-sekolah Girl und Panzer.

Oke kalau untuk kasus itu sih tentu wajar, karena itu memang jelas-jelas bajakan. Tapi untuk bagian Doujinshi yang lebih pro dan kontra, dan masuk ke daerah abu-abu. Karena Doujinshi bisa dibilang sudah menjadi bagian fandom animanga di Jepang, seperti perayaan semangat para fans akan seri yang mereka sukai, walau memang tak betul dari segi hukum.

Apalagi dengan fakta kalau seri Girl und Panzer adalah salah satu seri yang terpopuler untuk dijadikan Doujinshi. Seri itu masuk list Top 10 Doujinshi terbanyak dalam event Comiket 92 yang diadakan tahun lalu. Sepertinya kalau ini betul-betul dilakukan, jumlah/kepopuleran doujinshi seri tersebut bisa menurun drastis tahun ini.