Kemarin-kemarin fans dapat kabar update untuk film anime Gintama Final berupa trailer kece yang memperdengarkan insert song yang dinyanyikan oleh band DOES. Nah kali ini mereka memberikan kabar update baru lagi, walau bukan untuk filmnya itu sendiri, melainkan anime Gintama lain lagi yang menjadi pendamping film tersebut, yang kini diperlihatkan dari visual barunya akan berjudul Gintama Semi-Final.

Gintama berawal sebagai manga history sci-fi comedy buatan Sorachi Hideaki yang diserialisasikan dalam majalah manga Shonen JUMP yang pertama dimulai tahun 2003. Akan tetapi dikarenakan situasi “menarik” dari akhir manga Gintama, chapter akhir dan epilognya dirilis pada majalah manga Jump lain, Jump Giga, dan kemudian juga dirilis online via app Gintama.

Manga tersebut juga telah diadaptasi menjadi seri anime, yang pertama diproduksi oleh studio Sunrise yang tayang selama tahun 2006-2013 dengan beberapa break musiman berjumlah total 265 episode. Kemudian dibuat sequel yang tayang tahun 2015-2018 yang dibuat oleh Bandai Namco Pictures sebanyak 102 episode yang terbagi jadi beberapa cour.

Animanga Gintama juga memiliki dua anime movie, yang pertama tayang 2010 yang mengadaptasi Benizakura Arc, dan yang kedua tayang tahun 2013 dengan kisah original. Tapi akan ada anime baru lagi, satu berupa film yang mengadaptasikan klimaks manga Gintama yang tayang Januari tahun 2021 dan satu lagi berupa net anime pendamping film tersebut.

Dan sekalian balik ke topik, net anime tersebut akan ditayangkan secara eksklusif dalam channel dTV dimana akan ada total sebanyak 2 episode, dan seperti yang dikatakan diawal, akan berjudul Gintama Semi-Final. Mirip dengan seri net mini yang jadi pendamping dua film live-action Gintama sebelumnya yang juga tayang eksklusif pada dTV.

Anime tersebut akan dirilis pada tanggal 15 dan 20 Januari 2021 nanti, membuat net anime itu ditayangkan sekitar seminggu setelah film Gintama dirilis di bioskop pada tanggal 8. Tapi meskipun tayang setelahnya, baru-baru ini dTV mengumumkan kalau net anime tersebut berperan sebagai prequel akan film Gintama Final.