Kita sudah dapat kabar gembira dari seri Gintama minggu lalu, yang mengatakan kalau film live-action Gintama akan mendapatkan sebuah sequel, Part 2, dan akan dirilis pertengahan tahun depan. Tapi sepertinya seri ini gemar mempermainkan emosi dan kesenangan fans. Mereka yang senang akan live-action sequel bisa dibikin sedih lagi, karena dikabarkan kalau menyusul kisah manga originalnya, anime Gintama final arc akan dimulai dianimasikan.

Memang sudah ada banyak kabar tamat dari seri ini. Kita sudah mendapatkan kabar kalau Gintama memasuki Final Arc di manga, dan game “terakhir” dari Gintama juga sedang dalam pembuatan oleh Bandai Namco.

Biasanya anime Gintama suka memberikan lelucon koplak mengenai penyelesaian tayang dan saat anime itu ternyata malah tayang lagi, seperti sedang dalam kondisi galau antara ada dan tiada 😀 tapi… sepertinya untuk kali ini memang menjadi sebuah awal dari akhir yang benar-benar pasti.

Musim gugur ini telah dimulai anime Gintama terbaru, yang mengadaptasikan Porori Arc. Yang juga menjadi salah satu anime yang paling ditunggu oleh para fans Jepang. Anime Gintama musim gugur ini terhitung sebagai Gintama season 4, kebetulan yang cocok tapi terasa sedih mengingat konotasi angka 4.

Karena dikabarkan kalau setelah Porori Arc, mulai dari Januari 2018 nanti anime Gintama akan mulai mengadaptasikan Final Arc dari manga Gintama, yang berjudul Gin no Tamashii arc. Nama arc yang cocok sebagai final, karena itu adalah sebutan lain dari kata Gin Tama, yang berarti Jiwa Perak.

Telah diberikan visual juga untuk arc itu. Yang terlihat paralel dengan visual Porori Arc yang diberikan sebelum tayang. Dalam visual Porori arc terlihat para Yorozuya dimalam hari dengan ekspresi serius. Sedangkan dalam visual Gin no Tamashii ini terlihat trio Yorozuya dipagi hari dengan teman-teman mereka, dengan ekspresi yang lebih relax. Haduh jadi agak hit ke kokoro nih 🙁

Dan dikabarkan juga kalau untuk arc itu akan diberikan lagu OP dan ED baru lagi. Lagu OP berjudul Katte ni My Soul yang dinyanyikan oleh band DISH// sedangkan untuk lagu ED berjudul Hana Ichi Monme yang dinyanyikan oleh Burnout Syndrome.