Banyak sekali anime tahun ini yang kena dampak virus corona dengan penayangan premier atau episode barunya yang jadi kena delay karena terhambatnya produksi demi mencegah penyebaran virus itu. Tapi bisa ada juga yang “melawan balik” virus tersebut, contohnya anime Gibiate, yaitu dengan cara memberikan sumbangan kepada masyarakat sebagai bantuan COVID-19 melalui penjualan lagu anime tersebut.

Gibiate adalah projek anime original yang pertama diumumkan dalam event Anime Expo 2019 lalu, yang dijadwalkan untuk tayang pada bulan Juli 2020 nanti. Dikatakan sebagai kisah Ultimate Survival Action yang mengisahkan negara Jepang pada tahun 2030 yang terkena wabah virus Gibier yang mengubah manusia jadi monster.

Dan dalam dunia yang rusak itu, seorang samurai dan shinobi muncul dari era Edo setelah melakukan perjalanan waktu, dimana mereka membantu seorang dokter yang sedang mencari obat untuk mengatasi virus tersebut.

Anime itu lumayan menarik perhatian karena melibatkan desainer terkenal seri game Final Fantasy, Amano Yoshitaka, yang mendesain karakter dalam anime itu. Selain itu ada Komino Masahiko sebagai sutradaranya, dan juga Aoki Ryou yang menjadi executive produser dan juga pembuat cerita originalnya dan yang menulis lirik lagu ending anime itu.

Dan bicara soal lagu endingnya, yang berjudul ENDLESS Yami wo Koete yang dinyanyikan oleh Sugizo dan Oguro Maki, itulah yang jadi topik kabar ini. Karena diumumkan baru-baru ini kalau pihak projek Gibiate menjual digital download lagu ending anime itu melalui kotak sumbangan projek tersebut.

Mereka yang menyumbang uang, yang dapat memilih dari angka 200, 300, 500, 1.000, 3.000, 5.000, 10.000, 30.000, 50.000 Yen, kemudian dapat mengunduh lagu tersebut melalui website resminya sampai akhir September 2020. Seluruh pendapatan sumbangannya nantinya akan diberikan pada profesional bidang medis untuk membantu dalam menghadapi virus corona.

Website Gibiate menjelaskan kalau karena kisah dari Gibiate yang mengenai membawakan harapan pada tempat yang sakit terkena virus, para staff jadi merasa bersemangat untuk membawa perubahan yang positif juga pada dunia nyata.