Mau sebagus apapun suatu hal, kalau terlalu banyak, hasilnya bisa tak selalu bagus. Contohnya sebuah seri, yang kalau ceritanya terlalu panjang, sebagus apapun kualitasnya, bisa memberikan rasa bosan. Dan ini tak hanya panjang cerita, bisa ada berbagai alasan lagi yang jadi penyebab kebosanan. Bahkan nama besar industri anime macam Ghibli juga bisa kena, yang terbukti dari list ini. Inilah list Top 10 Anime Ghibli yang membosankan penonton Jepang.

Studio Ghibli memang sudah menjadi house-hold name. Berbagai karya Ghibli ditonton dan diketahui oleh tak hanya fans anime, tapi juga mereka yang relatif bukan penonton anime. Mungkin mirip seperti seri movie Doraemon dalam penayangan film di Indonesia ini.

Dimana movie Doraemon sering diputar ulang di TV saat liburan sekolah. Di Jepang sendiri berbagai karya studio Ghibli juga telah ditayangkan berkali-kali. Bahkan tahun ini juga dilakukan pemutaran ulang beberapa movie klasik Ghibli di beberapa bioskop Indonesia.

Anime Ghibli

Memang movie tersebut bisa memberi nostalgia dan atau jadi jembatan saat fans aanime Ghibli lama memperkenalkan karya tersebut pada anak/cucu mereka. Tapi kalau karya itu sudah jadi pengetahuan umum, dan ada dimana-mana, bisa jadi bosan juga untuk ditonton ya. Apalagi dengan semakin mudahnya info dan spoiler didapat dari internet.

Dan inilah list movie tersebut, yang disusun melalui voting yang dilakukan oleh 986 orang dari survey site Sirabee;

 

10 – Whisper of the Heart, dengan 38 vote

Judul yang ini tak begitu diketahui di Indonesia, tapi tetap diingat di Jepang. Karena film ini menjadi highest grossing movie di Jepang untuk tahun 1995.

 

9 – Porco Rosso, dengan 41 vote

Yang ini mungkin agak lebih diketahui daripada Whisper, dan juga terkenal dan diingat di Jepang, karena Porco Rosso adalah movie nomor satu di Jepang ditahun 1992.

 

8 – Princess Mononoke, dengan 61 vote

Ini pasti sudah banyak yang tahu. Movie epic fantasi ini mendapat banyak pujian, termasuk menjadi movie anime pertama yang memenangkan penghargaan Best Picture di Japan Academy Award.

 

7 – Kiki’s Delivery Service, dengan 70 vote

Movie supernatural slice of life ini juga banyak diketahui, apalagi di barat. Karena ini juga anime Ghibli pertama yang didistribusikan perusahaan Disney di Amerika, dan juga telah memenangkan banyak penghargaan.

 

6 – Spirited Away, dengan 85 vote

Ini pasti sudah pada tahu deh, malah mungkin ini anime Ghibli yang paling dikenal secara internasional. Ini juga film anime pertama yang memenangkan penghargaan tertinggi Best Animated Feature di Academy Award.

 

5 – Castle in the Sky, dengan 89 vote

Atau judul pendeknya yang juga dikenal namanya, Laputa. Film pertama yang diproduksi dan dirilis oleh studio Ghibli, dan tetap dikenang sampai sekarang. Di Jepang sendiri, Laputa telah ditayang ulang sampai 15 kali di TV, jadi wajar kalau penonton juga sudah bosan melihatnya.

 

4 – Nausicaa of the Valley of the Wind, dengan 104 vote

Berasal dari manga buatan Miyazaki, anime epic sci-fi ini menampilkan animasi yang keren, dimana pencipta Evangelion, Anno Hideaki, juga sempat terlibat. Di Jepang film ini telah ditayangkan ulang lebih banyak lagi dari Laputa, sampai 17 kali!

 

3 – Lupin the 3rd: Castle of Cagliostro, dengan 105 vote

Kita masuki Top 3, yang dibuka dengan seri yang mungkin kita di Indonesia tak banyak tahu, salah satu movie dari karakter Lupin the 3rd. Movie ini adalah feature film debut dari Miyazaki, yang dirilis tahun 1979! Umurnya sudah tua, tapi Cagliostro ini telah ditayangkan ulang sampai 15 kali juga. Tapi sepertinya hal tersebut juga penyebab banyak yang bosan menontonnya.

 

2 – Grave of the Fireflies, dengan 108 vote

KOKOROKUUU 🙁 posisi 2 adalah Hotaru no Haka. Anime drama jaman Perang Dunia II yang mungkin bisa dibilang memiliki cerita tertragis dari semua anime Ghibli. Dan telah ditayang ulang sampai 12 kali.. Duh sekali saja sudah bikin kokoro pecah, apalagi sebanyak itu ya mina-san. Para penonton sudah bosan menangis, air mata sudah kering.

 

1 – Totoro, dengan 155 vote

Daaan menempati posisi nomor 1 adalah si tetangga 😀 Totoro. Mungkin dari segi desain karakter, ini adalah anime Ghibli yang paling banyak dikenal dan atau direferensikan seri lain. Seri macam Hozuki no Reitetsu dan Persona 5 telah mereferensikan si Bus kucing, dan anime Gintama juga telah membuat bajakannya dengan movie Pedoro. Karakter Totoro sendiri sudah jadi maskot studio Ghibli. Belum lagi film ini telah diputar sampai 15 kali. Jadii wajar kalau banyak orang jadi bosan dengan Totoro.