Kabar buruk lanjutan mengenai dampak wabah virus corona kepada dunia animanga, spesifiknya mengenai penundaan penayangan anime dikarenakan masa darurat virus corona di Jepang yang mempengaruhi jadwal produksi berbagai studio anime. Dengan yang terbaru lagi menjadi korban virus itu adalah anime Boruto anak Naruto, yang penayangan episode barunya untuk bulan Mei nanti juga jadi tertunda.

Pihak anime Boruto memberikan pengumuman pada website official mereka. Selain memberikan visual kece akan arc baru anime tersebut, Kara Shidou-hen, yang akan dimulai dari episode 154 yang akan tayang minggu ini, mereka juga memberi kabar buruk mengenai episode setelah itu.

Mereka menjelaskan kalau penayangan anime Boruto episode 154 pada minggu ini tetap berjalan seperti biasa, akan tetapi penayangan episode 155 yang dijadwalkan tanggal 3 Mei nanti dan episode seterusnya jadi tidak ada. Sebagai gantinya mereka akan menayangkan ulang episode pertama anime Boruto dari tanggal 3 Mei.

Banyak anime TV yang panjang umur dan penayangannya tetap lanjut tanpa dipengaruhi season dan cour jadi terhenti penayangannya karena masa darurat virus corona, yang dilakukan juga di Tokyo dimana banyak studio anime beroperasi.

Sebelumnya telah diumumkan kalau anime One Piece juga mengalami nasib yang sama, dan begitu juga seri anime PreCure terbaru, Healin, dan juga seri anime Pokemon terbaru, Pocket Monster. Semuanya jadi berhenti menayangkan episode baru dan jadi melakukan penayangan ulang episode lama mereka pada bulan Mei nanti.

Anime yang premier pada musim Spring 2020 ini juga jadi banyak yang penayangannya tak lanjut lagi pada bulan Mei, atau bahkan ada juga yang jadi batal tayang dan mengundurkan penayangannya sampai musim berikutnya.

Contohnya anime Houkago Teibo Nisshi dan Digimon Adventure remake, yang mengumumkan penayangan episode baru pada bulan Mei jadi ditunda. Dan season baru anime ReZero juga diundur penayangannya jadi pada musim depan.

Dan yang sedihnya lagi adalah diprediksi oleh seorang animator veteran kalau bahkan keadaan anime pada musim Summer 2020 berikutnya setelah ini juga terlihat bakal gersang jikalau wabah virus corona ini tetap berlanjut sampai Mei.