Mayoritas anime jaman sekarang berjalan dengan sistem penayangan musiman dimana mereka tayang selama satu atau dua cour dan selesai. Tapi ada juga yang memakai sistem penayangan seperti anime jaman dulu yang membuatnya bisa tayang puluhan episode berkelanjutan setiap minggu. Black Clover adalah salah satunya, tapi ada kabar yang mengejutkan baru-baru ini dimana diumumkan kalau anime itu akan selesai tayang bulan depan.

Black Clover adalah manga buatan Tabata Yuuki yang diserialisasikan dalam majalah manga Shonen JUMP dari Februari 2016 dan masih berjalan sampai sekarang. Manga tersebut bersetting dalam dunia fantasi dimana sihir bisa dilakukan siapa saja dalam sebuah tempat bernama Kerajaan Clover, tapi sayangnya tidak bagi seorang remaja bernama Asta sang protagonis kisah itu.

Lebih sedih lagi karena ia berjanji untuk bersaing bersama sahabatnya, Yuno, untuk menjadi pengguna sihir terhebat yang dinamai Wizard King. Tapi suatu hari saat berusaha membantu Yuno, Asta mendapatkan buku sihir berlambang Black Clover yang membuatnya memiliki pedang anti sihir, dan membuka jalan untuk mewujudkan mimpinya.

Manga tersebut telah mendapatkan adaptasi anime, pertama dalam bentuk OVA oleh Xebec dan kemudian jadi seri anime TV oleh studio Pierrot, yang pertama tayang tahun 2017. Tak seperti mayoritas anime masa kini yang tayang musiman, Black Clover tayang seperti anime JUMP umum jaman dulu seperti Bleach, yang juga dianimasikan studio Pierrot.

Dengan kata lain mereka tayang berkelanjutan lebih dari dua cour, yang mencapai lebih dari seratus episode, dengan hingga saat ini sudah ada 163 episode ditayangkan. Walau mereka sempat hiatus pada musim Spring 2020 dikarenakan pandemik coronavirus yang mempersulit produksi episode baru, seperti beberapa anime lain pada saat itu.

Tapi seperti yang dikatakan diawal, diumumkan kalau anime Black Clover akan menyelesaikan penayangannya, dimana anime itu akan menayangkan episode 170 sebagai episode finalnya, yang akan tayang pada tanggal 30 Maret.

Tapi setidaknya sih manga originalnya masih jalan, jadi ada kemungkinan bakal ada season baru lagi. Belum lagi dikatakan kalau ada pengumuman spesial juga setelah penayangan episode terakhir itu, yan bisa saja mengumumkan projek anime baru atau hal lain-lain lagi.