Ada banyak tema yang disajikan oleh para produsen anime Jepang. Mulai dari aksi, percintaan, horor, fantasi, dan lain-lainnya yang tak bisa disebutkan semuanya. Seiring berjalannya waktu, teknologi pun semakin maju. Permainan digital pun menaiki tangga inovasi hingga sampai pada RPG (Role Playing Game). Mengikuti kesuksesan game RPG, anime bertema RPG pun mulai dikreasikan.

Terhitung ada berjibun anime bertema RPG yang cukup menarik untuk ditonton. Namun, dari semua judul anime itu, ada 5 yang berhasil Akiba Nation rangkum. Boleh jadi anime kesayangan Minasan ada dalam daftar ini atau mungkin juga tidak. Jadi, siapkan kesabaran kalian untuk membacanya. Hehe… Yuk, tidak usah basa-basi lagi, mari kita simak daftarnya di bawah ini. Anime mana sajakah?

1. Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!

Anime bertema RPG satu ini juga sering disebut dengan julukan KonoSuba. Karakter utama dalam anime tersebut adalah seorang pelajar SMA bernama Kazuma Satou yang meninggal karena menyelamatkan seseorang yang nyaris ditabrak truk. Setelah tewas mengenaskan di jalan raya, roh dari Kazuma Satou melayang ke dunia lain dan bertemu dengan seorang dewi bernama Aqua.

Aqua memberikan gambaran yang jelas atas detik-detik sebelum ajal menjemput Kazuma. Setelah melihatnya, Kazuma baru menyadari bahwa sebenarnya truk itu berjalan cukup pelan, dan yang menjadi penyebab kematiannya adalah karena ia syok oleh kejadian tersebut. Aqua menawarkan kehidupan di dunia lain pada Kazuma Satou, dan lelaki tersebut lantas menerima penawaran dari dewi itu.

Kazuma diberi satu barang untuk dibawa ke dunia lain tempat dia tinggal, dan barang yang dipilih remaja tersebut merupakan dewi Aqua sendiri. Perjalanan mereka berdua di dunia lain yang penuh dengan banyak hal baru kemudian dimulai. Prolog yang cukup menarik, bukan? Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, ditonton anime bertema RPG yang satu ini!

 

2. Sword Art Online

Sebuah alat yang dinamakan NerveGear tercipta dengan sistem fulldive membuat pemain dapat menyelam ke dalam game yang tengah dimainkan. Artinya, seseorang yang menggunakan NerveGear bisa disebut masuk ke dalam dunia game yang tengah digelutinya. Kirigaya Kazuto ialah salah satu dari pemain yang berkesempatan menjadi Beta Tester dalam game berjudul Sword Art Online atau SAO.

Setelah game tersebut resmi dirilis, ia berteman dengan Klein. Klein meminta Kirito mengajarinya mengenai permainan tersebut, dikarenakan Beta Tester sudah mencoba lebih dahulu sebelum permainan dirilis, tentunya Kirito lebih tahu daripada Klein. Setelah berhasil menyelesaikan beberapa rintangan dan membunuh monster, Kirito beserta Klein mengobrol sambil duduk di atas padang ilalang yang luas di senja hari.

Klein mengatakan ingin keluar sejenak dari permainan untuk makan, namun tidak ada tombol ‘logout’. Mereka berdua bersama ribuan pemain lain kemudian mendadak dipindahkan oleh sistem ke aula besar di mana awal permainan dimulai. Pencipta permainan, Kayaba Akihito, menyatakan bahwa tidak ada yang dapat kembali ke dunia nyata sebelum bos lantai terakhir dikalahkan. Tidak disangka, ini adalah awal dari kematian banyak pemain.

 

3. Hai to Gensou no Grimgar

Apa yang membedakan Hai to Gensou no Grimgar dengan Sword Art Online? Bedanya adalah anime bertema RPG satu ini memiliki banyak ‘job class’. Apa yang dimaksud jobclass? Jobclass adalah kelas pekerjaan atau peran yang dilakukan oleh pemain dalam permainan MMORPG. Nah, Hai to Gensou no Grimgar memiliki karakter utama dengan jobclass yang berbeda. Mereka membentuk kelompok yang terdiri dari enam orang.

Baca juga: 10 Sisi Tak Terduga Dari Gohan Dan Goten yg Jarang Diketahui Penonton

Haruhiro dengan jobclass Thief, Manato dengan jobclass Priest, Yume dengan jobclass Hunter, Shihoru dengan jobclass Mage, Mogzo dengan jobclass Warrior, dan juga Ranta dengan jobclass Dark Knight. Mereka merupakan orang-orang terpilih dalam jobclass dengan kemampuan yang cukup menakjubkan. Sekarang mereka bertarung untuk bertahan hidup dan memperjuangkan masa depan mereka di sebuah dunia yang gelap penuh peperangan.

 

4. Log Horizon

Elder Tale adalah sebuah game MMORPG yang cukup populer. Berembus kabar bahwa Elder Tale bukanlah sebuah game biasa, melainkan sebuah dunia lain yang nyata dan hidup! Shiroe, seorang yang berpengalaman bermain game, memutuskan untuk membuktikan kabar burung itu. Setelah dijelajahi olehnya, terkuak sebuah fakta yang cukup aneh sekaligus agak menyeramkan, yakni kenyataan bahwa NPC (Non-Player Character) merupakan penduduk asli dunia Elder Tale yang benar-benar hidup!

Ada beberapa karakter yang cukup menarik dalam Elder Tale. Pertama, tentu saja karakter utama, yaitu Shiroe. Ia digambarkan sebagai seorang cowok kurus berkacamata, terkesan culun (tapi aslinya cukup keren sih), dan memiliki jobclass Enchanter level 90 yang pandai menyusun rencana. Kemudian ada karakter unyu bernama Akatsuki, jobclass-nya Assassin level 90. Dan Soujiro, cowok paling manis sejagat, tapi kalau lagi ngamuk, dia bisa kelihatan lumayan sangar!

 

5. Phantasy Star Online 2 The Animation

Anime bertema RPG-5.

Dari sekian banyaknya siswa, hanya Tachibana Itsuki yang tidak suka bermain game. Padahal, pada saat itu ada sebuah game yang tengah menjadi tren remaja berjudul Phantasy Star Online 2. Izumi Rina yang sempurna dalam berbagai aspek dengan jabatan ketua OSIS kemudian tertarik pada Tachibana karena nilai mata pelajaran pemuda ini cukup bagus. Ia mengangkat Tachibana menjadi Wakil Ketua Osis untuk meneliti apakah ada dampak buruk game pada nilai seorang murid?

Bersama game yang sedang nge-tren tersebut, maka Tachibana dan Izumi melewati banyak kejadian yang menghibur dalam melakukan penelitian mengenai dampak game terhadap prestasi sekolah. Oh iya, Phantasy Star Online 2 The Animation disutradarai oleh Keiichiro Kawaguchi yang pernah menangani Hayate The Combat Butler dan Sket Dance di bawah naungan Telecom Animation. Lalu desain karakternya dibuat oleh Takasu Minoko. Sedangkan untuk alur cerita ditulis oleh Hirota Mitsutaka yang pernah menjadi penulis naskah Persona 4 .

Jadi, Akiba-chan dan Akiba-kei mau nonton anime bertema RPG yang mana nih? Kira-kira yang menurut Minasan menarik yang mana? 🙂