Anime musim Spring 2018 telah berjalan, dan beberapa telah menayangkan episode pertamanya. Salah satunya adalah seri olahraga klasik Captain Tsubasa, yang tahun ini seperti membangkitkan dirinya pada penonton modern melalui anime remake dan mobage. Tapi tahun ini bukan Tsubasa saja yang tampil baru untuk generasi baru, karena ada kabar kalau akan ada seri klasik lain yang akan tayang animenya nanti, yaitu anime baru Tensai Bakabon!

Fans animanga yang agak baru-baru mungkin belum begitu mengetahui judul yang satu ini, tapi yang generasi lama seperti dari tahun 90an kemungkinan besar tahu ya 😉 Tensai Bakabon adalah seri manga komedi klasik buatan Akatsuka Fujio, yang pertama dirilis di Jepang tahun 1967. Seri ini juga masuk ke Indonesia, tampil sejajar dengan judul klasik lain macam Doraemon, Hagemaru, dan lain-lain lagi.

Dan gag manga ini juga telah diadaptasi menjadi seri anime. Dan tak hanya satu, tapi sampai ada empat seri anime, yang ditayangkan diantara tahun 1971 sampai tahun 2000. Tapi terus tak ada lagi anime baru, sampai dibuatnya movie yang tayang tahun 2015.

Jadi agak mengejutkan setelah sekian lama, setelah sekitar 18 tahunan sejak seri anime terakhir dan sekitar 10 tahun sejak wafatnya sang mangaka, seri animenya diumumkan akan dibuat lagi. Sesuatu yang dirayakan juga oleh beberapa mangaka lama, seperti Kitami Kenichi, Chiba Tetsuya, Adachi Mitsuru, dan Takahashi Rumiko.

Anime ini berjudul Shinya Tensai Bakabon, dengan kata Shinya berarti larut malam, karena memang jam penayangannya di Jepang akan dilakukan pada waktu tersebut. Dan bicara soal waktu, tanggal penayangannya juga telah diumumkan, dikatakan anime Shinya Tensai Bakabon ini akan tayang pada bulan Juli nanti.

Shinya Tensai Bakabon ini dianimasikan Studio Pierrot dengan Hosokawa Tooru sebagai sutradara dan penulis naskah, dan Yamamoto Takashi sebagai asisten sutradara. Kemudian Wada Takaaki yang mendesain karakternya.

Dibagian audio ada Kikuta Hiromi sebagai sound director, dan musiknya diproduksi oleh Avex Pictures. Dan bicara suara, telah diberikan juga list para seiyuu yang terlibat. Yang berbeda dengan seri-seri yang lama;

  • Papa Bakabon diperankan Furuta Arata
  • Bakabon diperankan Irino Miyu
  • Hajime-chan diperankan Nonaka Ai
  • Mama Bakabon diperankan Hidaka Noriko
  • Kakek Rerere diperankan Ishida Akira
  • oMawari-san diperankan Morikawa Toshiyuki
  • Unagi-inu diperankan oleh Sakurai Takahiro