Agak pahit manis saat sebuah seri manga atau novel mendapatkan adaptasi anime yang baru tayang tapi setelah itu diumumkan kalau seri originalnya mau berakhir. Dan hal tersebut terjadi baru-baru ini dengan light novel berjudul Higehiro yang memiliki adaptasi anime yang fresh baru menayangkan episode pertamanya kemarin. Akan tetapi setelah episode itu tayang, seri LN originalnya mengumumkan volume terakhirnya.

Higehiro dengan judul lengkap Hige wo Soru soshite Joshikousei wo Hirou yang juga bisa dilokalisasi ke Indonesia menjadi Janggut Kucukur Siswi SMA Kupungut, adalah seri light novel yang dibuat oleh Shimesaba dan dengan ilustrasi yang digambarkan oleh booota yang dimulai dari tahun 2018.

Mengisahkan seorang salaryman dengan nama Yoshida yang suatu malam mabuk-mabukkan karena cintanya ditolak. Ia kemudian menemukan seorang gadis SMA bernama Sayu yang kabur dari rumah. Sayu kemudian menawarkan untuk tidur bersama Yoshida dengan bayaran untuk boleh tinggal bersamanya. Yoshida memperbolehkannya, tapi dengan bayaran berupa tawaran kerja.

Light novel tersebut mendapatkan adaptasi anime yang dianimasikan oleh studio Project no. 9 yang disutradai oleh Kamikita Manabu, yang tayang pada musim Spring 2021 ini, dan seperti yang dikatakan diawal anime tersebut baru menayangan episode pertamanya.

Dan kabar yang menggembirakan bagi fans anime pada region di Asia Tenggara termasuk Indonesia, karena Muse Asia mengumumkan mereka akan menayangkan anime tersebut secara simul-cast dan dapat ditonton pada channel Youtube mereka, dan tak hanya dengan sub Inggris dan mandarin tapi juga dalam bahasa Indonesia pada channel Youtube Muse Indonesia.

Tapi sekalian balik kepada topik utama, setelah episode pertama anime HigeHiro tersebut ditayangkan baik di Jepang maupun di Youtube Muse Asia, ditemukan hal yang pahit manis dimana seri light novel originalnya akan merilis volume terakhirnya.

Menurut website Kadokawa yang menerbitkan light novel tersebut, buku light novel Hige wo Soru soshite Joshikousei wo Hirou volume 5 menjadi penutup kisahnya, dan telah diumumkan juga jadwal perilisan volume tersebut, yaitu pada tanggal 1 Juni 2021 nanti.