Shingeki no Kyojin atau yang lebih dikenal luas dengan judul Attack on Titan adalah sebuah anime yang bercerita tentang para raksasa pemakan manusia. Pada saat itu, Kyojin atau Titan merupakan musuh terbesar bagi umat manusia. Dengan tubuh yang berkali-kali lipat lebih besar serta wajah yang menakutkan, mereka menyerang dengan lamban tapi merusak segalanya. Umat manusia pun berada di ambang kepunahan. Para manusia yang selamat kemudian membuat dinding yang membatasi mereka dengan dunia luar. Tembok yang menjulang tinggi ini menghalangi Titan agar tidak dapat masuk ke wilayah yang dihuni oleh manusia. Terhitung ada tiga dinding di anime Attack on Titan yang menurut penduduknya dibuat dengan pengetahuan Tuhan.

Setiap dinding melingkupi areanya masing-masing. Tiga dinding di anime Attack on Titan ini begitu kokoh sehingga sangat sulit dirusak oleh para Titan di luar sana. Tingginya pun melebihi para Titan sehingga tidak akan ada yang dapat memanjatnya. Karenanya, penduduk percaya bahwa dinding-dinding ini dibuat dengan pengetahuan Tuhan. Mari Akiba-chan dan Akiba-kei mengetahui terlebih dahulu penjelasan tentang tiga diinding ini.

1 – Dinding Maria

Dinding di anime Attack on Titan bagian paling luar yang menghadang para raksasa secara langsung adalah Dinding Maria. Tingginya sekitar 50 meter dan jaraknya dari dinding kedua kira-kira 100 kilometer. Selama ini, tidak ada Titan yang dapat menembus dinding tersebut. Umat manusia hidup dengan damai selama satu abad penuh. Kehidupan di sana berlangsung baik-baik saja. Namun, Titan Kolosal tiba-tiba muncul dan berhasil melubangi dinding ini. Para Titan dari luar mulai merambah wilayah yang dilindungi oleh Dinding Maria, termasuk di antaranya adalah distrik Shinganshina dan Quinta. Kekacauan pun tidak dapat dihindarkan. Para raksasa terus memburu manusia untuk dimakan.

2 – Dinding Rose

Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian wajib tahu, setelah Dinding Maria ditembus oleh Titan dan merenggut banyak nyawa penduduk di sana, warga yang berhasil selamat mengungsi ke wilayah yang dilindungi Dinding Rose. Sesudah 5 tahun berlalu, Titan Kolosal muncul kembali dan melubangi Dinding Rose. Padahal, dinding di anime Attack on Titan yang posisinya berada di tengah ini terhitung lebih kokoh ketimbang Dinding Maria. Meski begitu, pasukan militer berusaha menggagalkan invansi dan merebut kembali wilayah Dinding Rose. Jarak dari Dinding Rose ke dinding utama adalah sekitar 150 kilometer, meliputi distrik Utopia, Karanese, Trost, dan Klorva.

 

3 – Dinding Sina

anime Attack on Titan

Dinding terdalam yang melindungi Raja, Menteri, dan orang-orang penting lainnya adalah Dinding Sina. Bisa dibilang, wilayah ini merupakan yang paling makmur, indah, dan aman. Masyarakatnya pun bukanlah rakyat biasa. Kebanyakan mereka adalah pejabat pemerintah, bangsawan, pengusaha, ilmuwan, insinyur, tenaga medis, dan orang kaya. Pasukan Militer terbaik pun dipilih untuk melayani Raja dan melindungi bagian paling dalam ini. Dinding Sina mempunyai diameter sekitar 250 kilometer. Jarak dari dinding Rose ke Sina yakni sekitar 150 kilometer. Distrik yang ada di sini meliputi Orvud, Stohess, Ehrmich, Yarckel, dan Mitras.

Jika dihitung, total luas dari kerajaan adalah sekitar 725.000 kilometer. Apabila dibandingkan dengan sebuah negara, maka luasnya melebihi Jepang. Bahkan, nyaris dua kali Negeri Matahari Terbit. Wah, lumayan luas juga, ya, Minasan! Akan tetapi, ada sebuah pertanyaan menarik mengenai tiga dinding hebat ini: “Siapa yang membuatnya?”.

Sampai anime Attack on Titan memasuki musim kedua, belum ada jawaban yang memuaskan. Para penonton setia pun bertanya-tanya, siapa sebenarnya pembuat ketiga dinding tersebut? Benarkah dibuat oleh manusia? Namun jika dipikir secara logika, ketiga dinding ini sangatlah besar, kokoh, dan berdiameter luar biasa lebar. Manusia biasa tidak akan mampu membuat dinding seperti ini, apalagi di tengah krisis melawan para Titan. Jadi siapa sebenarnya yang membuatnya?

Baca Juga: NSFW: Kalifa One Piece Rilis Figure Sepanas Mia Khalifa

Berdasarkan manga-nya yang telah lebih dahulu terbit ketimbang versi anime, tiga dinding di anime Attack on Titan tidaklah dibuat oleh manusia biasa pada umumnya. Ketiga dinding yang melingkari wilayah seluas nyaris dua kali negara Jepang itu ternyata dibuat oleh Raja Pertama. Mengejutkannya, Raja Pertama merupakan Titan Shifter.

Titan Shifter adalah orang yang mempunyai kemampuan khusus untuk berubah menjadi Titan. Dengan mengerahkan seluruh kekuatan koordinasi miliknya, Raja Pertama mampu mengendalikan banyak Titan untuk berbaris membentuk tiga lingkaran dengan sisa umat manusia di dalamnya. Setelah sesuai dengan rencananya, Raja Pertama kemudian membuat kulit para Titan mengeras hingga menyerupai beton. Lalu, dikuburlah mereka dengan cairan semacam semen. Mulai sejak itu, terciptalah Dinding Maria, Rose, dan Sina yang menjadi pelindung umat manusia dari dunia luar.

Selain itu, Raja Pertama menggunakan sisa kekuatannya untuk mengendalikan ingatan manusia. Dia menghapus semua ingatan mereka tentang dunia luar dan segala hal yang telah terjadi. Maka dari itu, orang-orang mendadak menjadi lupa tentang sejarah terbuatnya ketiga dinding ini. Mereka percaya bahwa dinding-dinding yang melindungi mereka selama ini adalah anugerah dari Tuhan dan berkat pengetahuan dari Sang Pencipta-lah dinding tersebut bisa ada. Adengan pendeta yang memuji ‘keagungan’ dari Maria, Rose, dan Sina dapat dilihat pada episode-episode pertama.

Baca Juga: Inilah Otome Game No. 1 Yg Wajib Kalian Mainkan!

Meski begitu, ada beberapa orang yang tidak terpengaruh kekuatan penghapus ingatan dari Raja Pertama. Orang yang tidak terpengaruh oleh kekuatan tersebut sangatlah sedikit jumlahnya, bisa dihitung dengan jari, yakni hanya keluarga Ackerman dan sebuah klan. Bisa dibilang, mereka saja yang mengetahui sejarah Maria, Rose, dan Sina, tiga dinding di anime Attack on Titan yang konon menurut penduduknya dibuat dengan pengetahuan Tuhan. Sesudah mengerahkan seluruh kemampuannya, Raja Pertama kemudian menurunkan kekuatan Titan-nya kepada sebuah keluarga dan pada akhirnya mati.

Ada hal menarik tentang proses pewarisan Titan Shifting. Caranya adalah dengan menyuntikkan cairan khusus ke tubuh seseorang. Orang yang disuntik cairan khusus tersebut bakal berubah menjadi titan, kemudian dipaksa untuk memakannya. Dengan begitu, dia akan mendapatkan kekuatan pengendalian, ingatan, serta pemikiran dari yang mewariskan. Dan yang mewariskan bakal mati karena dilahap bulat-bulat. Ayah Eren Jaeger adalah salah satu pewaris Titan Shifting yang mewariskan kemampuan itu pada Eren. Oleh sebab itu, di episode pertengahan musim pertama, ketika Eren diketahui dapat berubah menjadi Titan, ingatannya tentang Ayahnya sendiri sering muncul.

Itulah fakta mengejutkan tentang tiga dinding di anime Attack on Titan dan misteri siapa yang membuatnya. Maafkan kalau terasa agak spoiler. Hehehe… Tapi cuma sedikit saja kok spoiler-nya juga, enggak bakal mengurangi keseruan menonton ‘AoT’ Minasan di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here