Dengan makin mendunianya media anime, tak heran negara-negara luar Jepang juga ada yang mencoba membuat animasi bergaya anime, bahkan juga bekerja sama dengan Jepang untuk membuat anime. Contohnya negara Arab Saudi, yang memiliki projek anime berjudul The Journey. Dan setelah projek itu kena delay karena pandemik tahun lalu, akhirnya akan dirilis tahun ini, dan projek itu baru merilis trailer yang memperkenalkan para seiyuu Jepang anime tersebut.

Projek anime ini adalah hasil kerjasama Manga Production dari Yayasan Pangeran Muhammad bin Salman di Arab dan studio anime Jepang Toei. Keduanya sebelum ini telah bekerja sama membuat anime berdurasi 25 menit pada tahun 2017 lalu dengan projek berjudul Woodcutter’s Treasure.

Dan dalam tahun 2020 kemarin keduanya melanjutkan kerjasama tersebut dengan pengumuman dua projek anime lagi. Yaitu sebuah anime seri untuk ditayangkan di TV dan satu lagi berupa anime movie untuk bioskop.

Untuk anime seri TV tersebut berjudul Asatir: Mirai ni Mukashibanashi. Bersetting di Riyadh masa depan tahun 2050, mengisahkan seorang nenek yang menceritakan berbagai kisah rakyat Arab jaman dulu kepada tiga cucunya. Anime tersebut tayang pada bulan April 2020 kemarin dan juga ditayangkan di TV Jepang.

Dan untuk projek anime movie, berjudul The Journey yang disutradai oleh Shizuno Kobun dan dengan naskah yang ditulis Tomioka Atsuhiro. Februari kemarin telah dikabarkan kalau film itu sudah selesai diproduksi dan akan dirilis dalam tahun 2020, dengan Manga Production yang memegang hak distribusi, dan dikabarkan akan ditayangkan bulan Mei dalam Cannes Film Festival.

Akan tetapi pandemik virus corona tahun lalu mengubah rencana tersebut, dengan anime itu batal rilis untuk tahun 2020 dan penayangan premiere di Cannes Film Festival juga tidak dilakukan mengikuti pembatalan event itu secara fisik.

Pada akhirnya, anime tersebut jadi dijadwalkan tayang musim Summer 2021 ini. Dan balik ke topik utama, Manga Production baru merilis trailer anime tersebut, memperkenalkan para seiyuu Jepang yang memerankan karakter disitu;

Furuya Toru memerankan Aws, Mitsuishi Kotono memerankan Hind, Kamiya Hiroshi memerankan Zurara, Nakamura Yuuichi memerankan Nizar, Nakai Kazuya memerankan Musab, Kuroda Takaya memerankan Abraha.