Musim panas tahun ini akan ada banyak movie Jepang seru untuk ditonton, seperti live-action Gintama 2 dan juga live-action BLEACH, kemudian ada juga Boku no Hero Academia THE MOVIE. Dan sekarang ada muncul kabar film Jepang lagi yang akan dirilis pada musim panas juga. Film tersebut dibuat oleh Studio Ponoc, yaitu dalam bentuk anime anthology. Apa itu maksudnya? Mari kita cek detail-detailnya.

Nama Studio Ponoc mungkin sudah lumayan diketahui oleh mina-san. Walau karya besar mereka baru satu, Mary and the Witch’s Flower, movie tersebut sempat masuk nominasi Academy Award. Belum lagi fakta kalau studio tersebut dibentuk beberapa mantan staff Studio Ghibli.

Jika Ghibli dan Miyazaki sedang mengerjakan Boro the Caterpillar, Ponoc juga sedang mengerjakan projek baru lain. Projek tersebut baru diumumkan dan dinamai Ponoc Short Story Theatre, dengan pendiri dari studio Ponoc, Nishimura Yoshiaki, menjadi produser projek tersebut secara keseluruhan.

Projek tersebut berupa anthology, kumpulan anime pendek yang dibagi jadi beberapa volume, masing-masing dengan tema mereka sendiri. Volume pertama berjudul Chiisana Eiyuu: Kani to Tamago to Toumei Ningen, yang berarti Pahlawan Kecil; Kepiting & Telur & Manusia Kasat Mata.

Kisahnya dideskripsikan oleh Ponoc sebagai kisah pahlawan sederhana dimasa kita. Dalamnya terdiri dari tiga anime pendek, masing-masing dengan sutradara yang berbeda, dengan total durasinya sekitar 44 menit.

Anime anthology pendek pertama, merepresentasikan Kani/kepiting, adalah Kanini & Kanino, berdurasi 15 menit. Merupakan kisah mengenai dua kepiting bersaudara, yang disutradai oleh Yonebayashi Hiromasa, yang sebelumnya juga sutradara Mary and the Witch’s Flower.

Kedua adalah Samurai Egg, merepresentasikan Tamago/telur, sebuah kisah drama kemanusiaan yang menyentuh hati antara seorang anak dan ibunya, yang berdurasi 15 menit, yang disutradai oleh Momose Yoshiyuki.

Dan terakhir adalah Toumei Ningen, merepresentasikan Toumei Ningen pastinya, adalah sebuah penampilan aksi yang berpusat pada pertarungan sebatang kara seorang manusia kasat mata, berdurasi 14 menit, yang disutradai oleh Yamashita Akiko.

Format yang agak unik karena berupa kumpulan anime pendek, tapi tak hanya itu, telah diumumkan cast yang terlibat dalam projek ini, dan mereka nama-nama kelas berat loh, mina-san kemungkinan besar tahu siapa mereka 😉

Ada bekas Kamen Rider Kuuga, Odagiri Joe. Kemudian Ono Machiko, artis yang sebelumnya terlibat dalam live-action Kiki’s Delivery Service. Tanaka Min, penari dan aktor, yang sebelumnya terlibat dalam live-action Kenshin Kyoto Inferno. Dan ada Nakata Yasutaka, seorang produser musik, dan Muramatsu Takatsugu seorang pianis, yang keduanya telah terlibat dalam berbagai anime.

Tanggal perilisan Anthology tersebut juga telah diberikan. Untuk volume pertama Chiisana Eiyuu ini, akan dirilis pada tanggal 24 Agustus nanti. Agak penasaran nih akan jadi seperti apa hasilnya 😉