Saat ini tersedia berbagai alat dan software yang semakin mempermudah fans untuk berkarya membuat gambar, manga, game, ataupun animasi sendiri, dan hasilnya juga bisa sangat kece. Tapi baru-baru ini ditemukan seorang animator di Youtube yang berkarya membuat anime, tapi memakai alat yang tak begitu diduga bisa dipakai buat animasi dalam level yang ditunjukkan sang animator, yaitu konsol game Nintendo 3DS!

Ya, 3DS, konsol portable dari Nintendo yang bisa dibilang sudah agak berumur. Saat ini memang sudah tak ada game 3DS baru dengan Nintendo lebih fokus pada Switch yang tak hanya bisa jadi home console tapi juga konsol portable handheld, tapi konsol tersebut terbukti masih suka dipakai dan dimainkan hingga sekarang ini.

Youtuber tersebut adalah orang Jepang dengan nama Mirror Panel-3 dan bagaimanakah caranya bisa memakai konsol lama itu untuk membuat anime? Caranya adalah dengan memakai app bernama Flipnote Studio.

Sebuah app gratis yang awalnya dirilis untuk konsol NDS sang pendahulu dari 3DS, yang berfungsi membuat animasi ala flipbook alias animasi sederhana dengan membalikkan halaman, tapi disini tak perlu buang-buang kertas karena digital, dan lebih bagus lagi karena bisa dipasang audio.

Dan bagi yang tahu apa itu flipbook, ya, itu berarti Mirror Panel-3 menggambar berlembar-lembar halaman untuk membuat anime. Sesuatu yang sudah terasa kece, tapi makin hebat lagi pada beberapa projek Mirror Panel-3 karena sang animator tak hanya membuat animasi kecil berdurasi gif, tapi ada juga yang sepanjang anime pendek sampai puluhan menit!

Salah satu karya terbesarnya adalah anime gambar biasa hitam putih menceritakan aksi karakter game Mario yang dibuat sepanjang sejam! Dan selain itu ada projek besar terbarunya, yang walau durasinya dipendekkan jadi 34 menit, tapi lebih hebat lagi karena benar-benar berupa sebuah anime yang lengkap dengan warna bahkan lagu opening!

Anime tersebut berjudul Flipnote Warrior, dan dikatakan kalau pewarnaan dan editing dilakukan di PC, tapi penggambaran semua anime itu dilakukan di Flipnote Studio, yang dibuat olehnya sejak 4 tahun lalu! Anime itu masih belum selesai, tapi sedikit lagi, dengan perilisannya dijadwalkan tanggal 4 Desember 2020, silahkan dicek trailer kecenya!