Kita telah melihat berbagai dampak pada bidang turisme berkat Anime, dengan tak hanya puluhan, tapi bisa juga sampai ratusan orang berbondong-bondong datang kesebuah lokasi. Contohnya kota Hida yang kebanjiran pengunjung dan duit berkat anime Kimi no Na wa. Sekarang ada kabar mengenai turisme kota lain lagi, yaitu kota Oarai, yang dikabarkan siap terima 100.000+ pengunjung Anglerfish Festival 2017 yang diadakan sebentar lagi.

Anglerfish Festival di Oarai, Ibaraki, telah diadakan setiap tahun sejak tahun 1998. Festival itu dipakai untuk mempromosikan kota tersebut dan hidangan lautnya. Selama beberapa tahun, festival itu dapat menarik kira-kira 50.000an pengunjung. Tapi jumlah itu mulai berubah, sejak tahun 2012.

Karena mulai tahun itu, Anglerfish Festival kota Oarai mulai melakukan kolaborasi dengan sebuah seri anime, yang settingnya juga bernama Oarai, anime Moe dengan “olahraga” yang meleduk-leduk, Girl und Panzer, yang penayangannya juga dimulai tahun 2012.

Dan dalam kolaborasi pertama ditahun 2012, festival itu sempat menarik sampai 65.000 pengunjung, peningkatan lagi dibanding sebelum-sebelumnya. Tapi pada tahun 2013, seiring dengan peningkatan popularitas animenya, begitu juga jumlah pengunjung festivalnya.

Dikabarkan jumlah pengunjungnya memecah rekor, karena ada lebih dari 100.000 pengunjung yang datang. Ditahun yang sama, anime Girl und Panzer juga diberikan Grand Prize karena telah meningkatkan image dari Prefektur Ibaraki.

Girl und Panzer telah menjadi bagian yang erat dengan kota tersebut. Sehingga setiap tahun anime tersebut tampil dalam festival itu. Dikabarkan kalau festival tahun 2016 lalu, jumlah pengunjungnya naik lagi jadi 130.000 orang! Menyebabkan kemacetan sampai sepanjang 5 KM!

Dan untuk tahun ini, para staff sedang bersiap-siap akan kedatangan pengunjung yang ramai lagi. Seperti memperbanyak parkir dan menyediakan kereta, sampai sudah disediakan juga Bus spesial bergambarkan Girl und Panzer yang akan beroperasi pada jalur antara Bandara Ibaraki dan Oarai.

Sesuatu yang memang perlu diberlakukan untuk berjaga-jaga. Apalagi mengingat kalau bulan Desember nanti film projek final dan penutup seri Girl und Panzer akan dimulai, dimana penyanyi theme song Sasaki Sayaka, akan tampil bersama seiyuu 5 karakter utama Team Anglerfish dalam Anglerfish Festival tahun ini, yang akan diadakan weekend minggu ini tanggal 18-19 November. Dijamin bisa lebih banyak lagi fans yang bakal datang untuk festival tahun ini.

Comments

Loading...