Negara Jepang sudah lumayan terkenal akan angka kelahiran penduduknya yang rendah. Memang para penduduk generasi lama lumayan panjang umur, tapi tetap tak diimbangi dengan pertumbuhan kelahiran generasi baru. Walau baru-baru ini ada kabar artis yang menikah, tetap saja pada umumnya saat ini tak banyak orang Jepang muda yang menikah. Dan seperti mirisnya angka keuangan animator anime, dikabarkan kalau angka pernikahan Jepang menurun lagi.

pernikahan jepang

Walau lumayan banyak hari raya yang dikenal sebagai momen yang bagus untuk suasana pacaran yang romantis seperti hari Halloween untuk cari pacar dan Natal untuk menghabiskan waktu dengan pacar (sampai bisa bikin yang jomblo cemburu) tapi tetap saja itu terlihat tak memberikan perkembangan yang bagus dalam hal berkeluarga dan pernikahan Jepang.

Itu terlihat dari data yang dikumpulkan oleh Menteri Kesehatan Jepang, yang menghitung jumlah pernikahan yang terjadi di Jepang setiap tahun. Pada tahun 2017, dikatakan kalau terdapat 607.000 pasangan yang menikah di Jepang. Angka tersebut memang terasa besar, tapi ternyata angka itu adalah penurunan dari tahun sebelumnya.

Diperkirakan jumlah tersebut 13.000 lebih rendah daripada tahun 2016. Yang lebih serius lagi, ini adalah penurunan yang kelima kalinya berturut-turut! Dan tak hanya itu, ini adalah jumlah pernikahan paling rendah sejak waktu Perang Dunia II.

Menteri Kesehatan mengatakan kalau angka penurunan ini adalah dikarenakan semakin sedikitnya jumlah orang dewasa muda, dan untuk membuat angka tersebut naik, perlu ada perubahan bagi masyarakat Jepang agar pernikahan semakin mudah dilakukan.

Sesuatu yang sepertinya akan sangat sulit dilakukan masyarakat Jepang karena berbagai alasan. Tak hanya para orang tua generasi dewasa yang siap nikah saat ini tak suka memaksa anaknya untuk menikah, tapi bahkan Pemerintah Jepang sendiri juga tak menganjurkan orang-orang muda untuk menikah karena anggapan produktivitas mereka akan menurun. Tapi tak diketahui juga sih apakah ini karena, atau tak memperhitungkan, faktor adanya pernikahan waifu dan tunjangan waifu 😀

Tapi ada sedikit sisi positifnya dari kabar yang negatif ini, dengan jumlah pernikahan yang menurun, ternyata jumlah perceraian di Jepang juga semakin menurun. Dikatakan angka perceraian di Jepang tahun 2017 adalah 212.000, yang merupakan penurunan 4.800 dibandingkan tahun 2016, dan juga jumlah perceraian paling rendah dalam 20 tahun ini.