Negara Jepang telah keluar dari masa darutat virus Corona dan ibukotanya, Tokyo, seharusnya memasuki fase baru dari recovery COVID-19. Hal tersebut menandakan kalau kasus virus corona di Jepang telah membaik. Akan tetapi yang namanya hidup, apapun bisa terjadi, termasuk resiko keadaan yang masih bisa memburuk. Karena tak lama setelah itu ditemukan angka infeksi coronavirus naik lagi, membuat dinyalakannya peringatan Tokyo Alert.

Pemerintahan Metropolitan Tokyo menemukan kalau angka kasus virus corona di prefektur tersebut pada tanggal 2 Juni mencapai angka 34. Kenaikkan yang besar mengingat kalau sebelum ini yang membuat Tokyo menghentikan masa daruratnya karena hanya ada 5 angka infeksi.

Ini adalah pertama kalinya angka kasus coronavirus di Tokyo melebihi 30 sejak tanggal 14 Mei saat masa darurat masih berjalan. Dikatakan kalau tingginya angka infeksi tersebut paling besar disebabkan oleh infeksi nosokomial atau ketularan yang terjadi dalam rumah sakit, dan juga karena mulai semakin banyaknya aktivitas malam hari di Shinjuku.

Ini membuat Koike Yuriko sang gubernur kota Tokyo jadi mengingatkan warga untuk perketat Social Distancing lagi, dan ia juga mempertimbangkan membuat isu ulang untuk menutup bisnis jika angka infeksi tersebut makin tambah buruk lagi.

Dengan kenaikkan angka tersebut, Tokyo jadi menyalakan sistem Tokyo Alert, yaitu sistem peringatan bagi warganya. Peringatakan tersebut dilakukan dengan memakai lampu pada bangunan penting di kota itu, yaitu pada Gedung Pemerintahan Tokyo yang namanya bisa diperpendek jadi Tocho berlokasi di Shinjuku, dan juga pada Tokyo Rainbow Bridge.

Kedua bangunan tersebut normalnya memiliki lampu yang menyala warna-warni ceria ala pelangi, tapi untuk memberi peringatan pada warga saat Tokyo Alert dilakukan, gedung Tocho dan Rainbo Bridge mengubah warna lampu mereka jadi merah membara.

Media sosial Twitter yang banyak dipakai di Jepang jadi ramai akan fenomena Merahnya Tokyo, dengan berbagai video dan foto yang menampilkan momen tersebut, dan membuat hashtag Tokyo Alert sempat jadi salah satu hashtag paling trending pada hari itu.