Netflix terlihat akan memeriahkan tahun 2019 nanti dengan berbagai anime seru. Salah satunya adalah 3DCG remake dari animanga klasik Saint Seiya, yang setelah merilis poster kemudian dirilis juga trailernya. Akan tetapi trailer tersebut malah mendapatkan respon negatif, yang datang dari para fans di barat dan juga dari Jepang, karena adanya perubahan pada karakter Andromeda Shun, dan alasan perubahan itu.

Dan perubahan tersebut bukan perubahan kecil, karena dalam Saint Seiya Netflix ini, karakter Andromeda Shun diubah gendernya, dari pria jadi wanita. Dan perubahan tersebut dijelaskan oleh Eugene Son produser dari Saint Seiya Netflix, yang juga mengatakan kalau itu adalah keputusan darinya.

Dikatakan karena ia khawatir tak adanya karakter wanita dikalangan karakter Bronze Saint utama bisa jadi diinterpretasikan kearah yang buruk karena hal seperti itu sudah bukan jamannya. Eugene mengatakan jika ada yang merasa itu hal yang aneh dan tidak menyukainya, ia mengerti dan bisa menerimanya, karena para fans Shun dari pihak TOEI juga mempertanyakan keputusan itu.

Dan pastinya ada yang tidak menyukai keputusan tersebut. Banyak respon negatif yang lahir dari keputusan ini, sampai membuat Eugene menghapus trit tweet penjelasannya. Contoh yang tidak menyetujuinya adalah co-creator dari Tales of Nothing, Fanny Rodriguez, yang membuat trit Twitter menjelaskannya.

Ia mengatakan kalau mereka ingin karakter wanita yang bagus kan ada Saori Athena, dan dengan mengubah Shun seorang pria yang lembut tapi tak kalah kuat dengan karakter lainnya jadi terasa seperti cara pikir yang mundur. Rasanya seperti menghapus contoh yang bagus kalau pria yang lemah lembut juga bisa menjadi seseorang yang kuat.

Respon negatif juga ditemukan oleh para fans Saint Seiya yang berasal dari Jepang, dan tak hanya dari pihak TOEI seperti yang dikatakan Eugene. Ada yang mengatakan kalau ini adalah sesuatu yang bodoh, dan Shun justru bagus jika ia karakter pria.

Uniknya beberapa pendapat dari Jepang menyarankan jika mau ada karakter yang perlu kena genderswap, lebih baik karakter Phoenix Ikki, kakak dari Shun. Mengatakan kalau ia bisa dijadikan karakter tsundere brocon oneechan 😀