Postingan seorang anak alay mengejutkan pengguna sosial media. Akun Facebook bernama Gopenx All Well secara terang-terangan menampilkan fotonya sedang menghina foto Jenderal Soedirman yang sedang memberikan penghormatan. Pemilik akun tersebut mengacungkan jari tengahnya sembari tertawa.

PicsArt_03-16-10.00.03

“F**CK” tulisnya. Seolah bangga melakukan hal itu di museum. mungkin ini karna anak jaman sekarang kurang pengawasan dari orang tua yang menyebabkan dia meniru gaya br foto bergaya jari tengah dan mungkin saja dia tidak tahu apa artinya jari tengah di angkat seperti itu, hmmmm….

jenderalsoedirman1

Tanpa menunggu lama, foto tersebut tersebar luas di media sosial. Banyak netizen yang menyayangkan aksi tak pantas pemuda tanggung itu. Miris. Anak muda di Indonesia tidak menghormati pahlawannya sendiri. Padahal Jenderal Soedirman adalah salah satu orang yang benar-benar menentukan nasib Republik Indonesia. Dia memilih bergerilya dalam keadaan sakit paru-paru, daripada menyerah pada Belanda. Presiden Soekarno, Wakil Presiden Mohammad Hatta, dan sejumlah menteri ditawan saat Belanda menggelar agresi kedua tanggal 19 Desember 1948 ke Kota Yogyakarta. Tapi Soedirman memilih bertempur. Dia kobarkan perang gerilya semesta. Membuktikan TNI tetap ada pada dunia internasional.

PicsArt_03-16-10.01.43

Jendral Soedirman adalah satu dari tiga jenderal besar TNI. Setiap tahun, TNI AD melakukan napak tilas untuk mengenang perjuangan sang panglima. Tak cuma itu, masyarakat Jepang ternyata sangat menghormati Jenderal Soedirman lho. Sampai ada patung sang jenderal dibangun di depan Kementerian Pertahanan Tokyo, luar biasa banget yah Jendral kita.

Jenderal soedirman

Patung Jenderal Soedirman yang terbuat dari perunggu setinggi sekitar empat meter di halaman Kementerian Pertahanan Jepang merupakan satu-satunya patung pahlawan asing yang ada dan dipajang di Jepang. Ini merupakan fenomena yang unik dan sekaligus pula merupakan keistimewaan bagi Indonesia.

jendralsoedirman

Pada tanggal 17 Agustus, ada upacara kecil di sana. Kelompok Masyarakat Jepang Pencinta Indonesia melakukan upacara peletakkan karangan bunga di depan Patung Jenderal Soedirman. Sementara di Indonesia, seorang Anak alay malah bangga mengacungkan jari tengah pada Jenderal Soedirman. Malu maluin aja nih bocah malu dong sama warga jepang, jangan di tiru ya mina-san  ? ambil yang positif nya aja yah ?