Tak jarang bagi seri animanga populer dipakai sebagai tema sebuah produk. Contohnya buku pelajaran dengan tema game Dragon Quest, atau gitar dengan tema karakter robot Tachikoma dari seri Ghost in the Shell. Dan baru-baru ini ada juga produk menarik lagi dengan tema seri animanga, yaitu seri mecha terkenal Evangelion, dimana toko produk animanga AmiAmi menjual Emergency Ration Evangelion.

Yup, Emergency Ration atau bisa juga disebut sebagai MRE alias Meal Ready to Eat. Bagi yang tak tahu, itu adalah makanan darurat yang didesain untuk bisa disimpan dalam waktu yang lama saat adanya bencana besar terjadi. Sesuatu yang juga dimiliki oleh tentara militer di berbagai negara, termasuk juga negara Indonesia.

Balik ke laptop, produk makanan darurat bertema seri Evangelion ini spesifiknya memakai nama organisasi pembasmi Angel dari seri itu, NERV. Seolah bagaikan makanan darurat siap saji yang bakal dibagikan pada warga Tokyo setelah selamat dari kehancuran kota karena serangan Angel.

Produk tersebut mulai dijual awal Agustus ini dalam bentuk set, yang masing-masing berisikan lima jenis makanan yang juga termasuk 200 gram nasi, yaitu hamburg steak, kari sapi, sup sapi, gyuudon atau nasi sapi bakar, dan chuukadon atau nasi dengan beragam sayuran dan daging sapi.

Masing-masing produk tersebut dijual dengan harga 7.600 Yen tapi sedang ada diskon jadi hanya 7.100 Yen, dan hanya dijual dalam website AmiAmi bagian Jepang. Untuk ketahanannya, dikatakan kalau Evangelion NERV Emergency Ration ini ada pada batas kondisi paling bagus dikonsumsi dalam kurun waktu tiga setengah tahun.

Ini bukan pertama kalinya ada item bertema organisasi NERV Evangelion macam ini. Sebelum ini ada juga produk digital berupa app dengan nama Tokumu Kikan NERV Bousai Apuri yang dikembangkan oleh Gehirn yang dipakai untuk memberikan informasi mengenai bencana alam yang terjadi secara nyata dan real time di Jepang.

Menarik dan terasa sesuai melihat semakin banyaknya produk NERV seperti ini yang dijual di Jepang, dengan Jepang memang lumayan sering terkena bencana alam, app NERV dan NERV Emergency Ration ini bisa jadi hal yang membantu masyarakat Jepang baik fans anime atau tidak.