InContent provided by Keepo. Belakangan ini banyak banget pengguna Instagram yang ngeluh. Ada yang jumlah likes-nya turun drastis, ada akun-akun asing muncul di timeline atau ig strories, dan kadang postingan yang udah berjam-jam muncul di timeline. Ini membuat postingan yang baru malah tenggelam dan nggak muncul. Ini algoritma instagram baru yang bikin pengguna bingung dan kikuk sama cara kerjanya.

Baca Juga: Anime Action Juushinki Pandora Rilis Video Pertarungan Baru

Well, sebenernya pembaruan algoritma Instagram emang sudah terjadi. Tujuannya biar pengguna bisa lebih maksimal dalam mendapatkan update terbaru di Instagram atau sesuatu yang lagi trending. Nah, kalo kamu kesel dan kurang suka sama algoritma instagram ini, ada beberapa tips buat ngakalinnya nih.

More article from Keepo.

1- Engagement

Algoritma Instagram

Nggak diketahui secara pasti sih algoritmanya kayak gimana, tapi yang pasti adalah kamu harus ngasih respon yang cepat pada tiap komentar yang ada di postingan yang kamu buat. Batasnya maksimal 60 menit. Tujuannya biar post-mu itu nggak tenggelam dan terus muncul di timeline. Selain itu usahain buat jadi pengguna yang aktif. Kasih like dan komentar di akun orang lain. Jangan cuma diem-diem bae.

2 – Timeline

Timeline

Balik lagi ngomongin postingan beberapa hari lalu yang muncul di timeline dan bagian paling atas. Kenapa bisa gitu? Ini adalah dampak dari tips yang pertama tadi. Semakin banyak engagement dan semakin responsif kamu terhadap komentar dan likes, makan akan semakin lama post itu bertahan. Walaupun udah berhari-hari, tetep aja bisa muncul di bagian teratas selagi masih ada komentar dan likes yang terus bertambah.

3 – Caption

Caption

Emang sih dulu hashtag bisa mempengaruhi jumlah likes yang didapatkan. Semakin banyak hashtag, semakin banyak likesnya. Nah, aturan itu udah nggak berlaku sekarang. Walaupun kamu boleh memakai maksimal 30 hashtag dalam satu caption, tetep aja itu bukan pilihan yang baik. Kalo kebanyakan hashtag dan ternyata hashtagnya nggak nyambung sama postingan yang ada fotomu akan terhapus secara permanen. Itu karena unggahanmu dianggap sebagai spamming oleh algoritma Instagram.

4 – Instagram Stories

Instagram Stories

Sekarang ini kamu sah-sah aja kalo mau bikin Ig Stories sampai bentuknya titik-titik doang. Nggak ada yang ngelarang. Cuma kamu harus inget, Ig stories harus yang berguna dan menarik. Kalo isinya nggak jelas, pasti nggak akan ada orang yang mau nonton. Beda kalo isinya menarik. Banyak yang akan nonton videomu sampai habis dan kemungkinan besar ig stories itu akan muncul di tab ig orang lain. Meskipun mereka nggak jadi pengikutmu, mereka bisa ngeliat.

Begitulah beberapa tips sederhana biar Instagrammu nggak sepi setelah algoritma Instagram diperbarui. Selamat mempraktikan dan semoga berhasil yah.