Fans memang bisa menjadi sesuatu yang positif dan mendukung, apalagi dengan kreativitas mereka dalam mendukung dengan berkarya. Akan tetapi kita juga sudah melihat banyaknya masalah yang bisa disebabkan oleh kelakuan buruk fans, seperti untuk seri Love Live, Pop Team Epic, Taketatsu Ayana, dan lain-lain lagi. Kali ini ada kabar lagi mengenai kelakuan fans yang buruk, yang sampai membuat mangaka New Game stop balas fan letter.

New Game adalah seri manga yonkoma buatan Tokunou Shoutaro yang diterbitkan oleh Houbunsha dari tahun 2013. Seri ini telah mendapatkan adaptasi anime sebanyak dua season, yang keduanya dianimasikan oleh studio Dogakobo. Season pertamanya tayang pada Juli 2016, dan kemudian dirilis OVA dan season keduanya pada pertengahan tahun 2017 lalu.

Mengisahkan seorang gadis muda yang baru lulus SMA bernama Suzukaze Aoba. Ia adalah seorang gamer, dan fans berat game-game buatan perusahaan Eagle Jump. Dan keberuntungan jatuh padanya, ketika ia diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut, memberinya kesempatan untuk bekerja bersama game designer idamannya, Yagami Kou.

Tapi agak sedih melihat perbandingan kisah tersebut dengan tingkah fans manga itu di dunia nyata ini. Yang sampai membuat Tokunou sensei sang mangaka mengumumkan melalui Twitter miliknya kemarin-kemarin, untuk berhenti memberikan balasan kepada fan letter yang diterima olehnya.

Tapi apa yang menyebabkan keputusan tersebut bisa terjadi? Ternyata, ada fans yang mendapatkan respon balasan terima kasih berupa Paper Board gambar dan tanda tangan dari Tokunou sensei, dan Paper Board tersebut malah dilelang!

Tak diberikan link detail atau lain-lain dari Tokunou, tapi beberapa netizen mencoba menyelidiki, dan menemukan sebuah lelang paper board gambar karakter Suzukaze Aoba beserta tanda tangan Tokunou Sensei di website Mandarake. Ditemukan juga kalau paper board tersebut telah terjual sebesar 6.500 Yen.

Dengan kelakuan seperti itu, wajar sih Tokunou sensei jadi berhenti memberi respon pada surat fans. Rasanya kebaikan hati dan kegembiraannya dipakai seperti objek. Tokunou sensei sih mengatakan ia tetap bahagia saat mendapatkan fan letter, tapi karena ia takut kejadian itu terulang, ia jadi memutuskan untuk takkan memberikan hadiah balasan lagi 🙁