Kita perlu berhati-hati akan apa yang kita keluarkan dan dipasang ke internet, apalagi jaman sekarang ini. Bisa saja apa yang kita perlihatkan, yang kita anggap biasa saja atau tak kita sadari, memiliki image atau makna yang tak senonoh atau tak bagus dimata orang lain atau warga negara lain. Dan hal tersebut baru-baru ini terjadi pada aktor film HarPot Tom Felton, yang minta maaf karena baju “Jepang” yang pernah dipakainya dalam sebuah video.

Rasanya bahkan fans Jepang dan animanga sudah tahu judul tersebut. Harry Potter adalah salah satu seri novel dan film terkemuka buatan J.K. Rowling, yang saat ini mendapatkan versi lanjutan dalam bentuk adaptasi buku Fantastic Beast yang berada dalam setting yang sama tapi dalam era berbeda.

Tapi bagi yang generasi lama, tentu masih banyak yang ingat akan seri film Harry Potter original dan aktor-aktornya. Daniel Radcliffe si Harry Potter, Rupert Grint si Ron, dan Emma Watson si Hermione. Dan selain mereka, ada karakter Draco Malfoy si buli, yang diperankan oleh aktor Tom Felton.

Tapi walau Draco itu karakter buli yang tak peduli perasaan orang lain, Tom sang aktor tidak begitu. Sesuatu yang lumayan terlihat dalam tweet darinya baru-baru ini, dimana ia memohon maaf atas baju yang dipakainya dalam sebuah video yang di-upload olehnya minggu lalu karena ia tidak tahu makna motif baju yang dipakainya itu.

Dan itu karena baju tersebut, adalah bergambarkan bendera Matahari Terbit Jepang. Logo yang kadang diasosiasikan dengan penjajahan Jepang pada Perang Dunia II. Sesuatu yang extra sensitif bagi negara China dan Korea, sampai ada juga pergerakan anti bendera tersebut di Korea.

Banyak reaksi yang diberikan dalam tweet tersebut, dengan mayoritas memuji dan membela Tom dan mengatakan kalau ia tak perlu meminta maaf karena ia sadar dan mau mengakui kesalahannya, walau ada juga minoritas yang kecewa kepadanya dan mengatakan kalau maaf saja tak cukup, yang dari username sepertinya berasal dari Korea, walau bisa saja itu troll.