Pertengahan tahun 2015 lalu para fans DEATH NOTE diberi kejutan dengan pengumuman project the movie yang katanya bakal tayang tahun 2016 ini. Memang project tersebut bukan isapan jempol belaka. Official website Warner Bros Japan kemarin baru saja mengunggah tampang aktor pemeran utama film adaptasi dari serial populer karya Takeshi Obata dan Tsugumi Ohba tersebut dengan mengenakan kostum dalam poster key visual mereka. Poster ini mendukung progress video teaser yang jauh hari sudah gempar di media.

Dari kiri ke kanan: Generasi baru L, Kepolisian dan Kira
Dari kiri ke kanan: Generasi baru L, Kepolisian dan Kira

Dalam poster tersebut Nampak tiga tokoh utama yakni Ikematsu Sosuke sebagai Ryuzaki, Masahiro Higashide sebagai Tsukuru Mishima dan si shota Masaki Suda sebagai Yuki Shion. Yep, seperti yang telah bocor sejak awal, Death Note 2016 atau bisa disebut DEATH NOTE FORBIDDEN SEQUEL ini memang bakal mengusung cerita berbeda. Ryuzaki dalam film ini bukan L yang terdahulu kita tahu. Dia merupakan detektif handal masa depan, hmmm… bisa dibilang reinkarnasi L kali ya. Serta tokoh Yuki Shion juga mewakili idealism Kira dari masa lalu. Secara kasar sih, dugaannya, Masaki Suda bisa dibilang lumayan cocok untuk peran berandalan (lagi) tetapi fans mulai meragukan sosok “L” yang baru mengingat pemerannya jarang terlibat dalam film berat semacam Death Note ini.

Death Note Forbidden Sequel mengembalikan unsur asli dari cerita manganya yaitu onsep “Six-Note Rule” akan benar-benar diwujudkan. Setting cerita berganti pada sepuluh tahun setelah berakhirnya konflik Kira (Raito Yagami) dan L (Generasi pertama). Pada masa ini shinigami kembali “menjatuhkan” death note dengan jumlah maksimal yang dapat membuat kacau dunia dalam sekejab. Untuk menangani hal tersebut, manusia, khususnya pihak kepolisian membentuk tim khusus yang digawangi oleh Tsukuru. Di dalam tim tersebut terdapat insperktur Matsuda, yang pernah secara langsung menangani kasus Kira sepuluh tahun lalu. Pada saat itu juga terjadi kekacauan berupa pembunuhan massal di Jepang yang ditangani oleh detektif jenius Ryuzaki (L generasi baru). Ryuzaki memutuskan bahwa tim harus membantunya menemukan enam buku terkutuk jika ingin kasus tersebut slesai. Karena jika tidak generasi baru Kira yang berjumlah banyak tersebut akan sulit ditangani.