Wabah virus corona masih saja ada di berbagai negara dan termasuk Jepang, dan tak hanya karena itu produksi anime masih saja terganggu dan mengumumkan delay penayangan, tapi berbagai event yang bahkan untuk beberapa bulan kedepan diumumkan batal. Salah satunya yang baru dikabarkan dan menyedihkan bagi para fans mecha, adalah event aktivasi Gundam Yokohama untuk membuat langkah raksasa pertamanya.

Gundam raksasa yang dibuat dalam bentuk Gundam pertama RX-78 itu adalah bagian dari projek Gundam Factory Yokohama. Projek tersebut sebelumnya diumumkan November 2018 lalu dalam livestream konferensi pers mengenai perayaan anniversary 40 tahun dari seri Gundam.

Sesuai dengan namanya, projek pembangunan patung Gundam itu akan melibatkan pihak Kota Yokohama, yang akan membawakan supervisor tehnik dan desainer baru kedalam projek tersebut. Dan pada akhirnya, patung Gundam 18 meter tersebut akan dipertunjukkan dan juga berdiri di Yamashita Pier yang terletak di Yokohama.

Patung Gundam raksasa setinggi 18 meter dan seberat 25 ton tersebut tentunya yang akan menjadi daya tarik utama lokasi itu, karena telah diumumkan kalau tak seperti Gundam di Odaiba yang hanya bisa menggerakkan badan pada bagian kepalanya, Gundam Yokohama juga akan bisa menggerakkan kakinya, dan bergerak melangkah maju untuk berjalan.

Dan untuk semakin memanaskan para fans dan semakin bikin hype, telah dirilis berbagai foto bagian-bagian terpisah dari Gundam itu, dan telah dibuat seri video dokumentari behind the scene mengenai pembangunan rangka dan mesin Gundam tersebut yang membuatnya memungkinkan untuk benar-benar bisa berjalan.

Sebelumnya diumumkan kalau patung Gundam RX-78 Yokohama itu akan benar-benar dipertunjukkan momen berjalan pertamanya pada bulan Oktober, dan akan dilakukan acara pre-opening Special Experience pada bulan Juli. Akan tetapi seperti yang dikatakan diawal, perencaan tersebut jadi berubah karena virus corona.

Diumumkan kalau event pre-opening pada bulan Juli jadi benar-benar dibatalkan, dan pertunjukkan momen pengambilan langkah pertama Gundam tersebut pada bulan Oktober jadi diundur lagi. Tak diumumkan jadwal barunya, tapi dikatakan kalau untuk pertunjukkan langkah pertamanya masih direncanakan dalam tahun 2020 ini.