Akhir dari sebuah seri menjadi momen yang pahit dan manis bagi fans seri tersebut yang kadang bisa menerimanya dengan puas atau tidak bagi beberapa. Dan hal tersebut akhirnya juga terjadi pada salah satu seri animanga terbesar dan terapik saat ini, Shingeki no Kyojin alias Attack On Titan, setelah diberikan berbagai hint dan hype sejak beberapa waktu lalu, dengan akhirnya minggu ini chapter final manga originalnya dirilis.

Shingeki no Kyojin adalah seri manga buatan Isayama Hajime yang dimulai dari tahun 2009 lalu. Mengisahkan cerita apik penuh tragedi dalam dunia dimana umat manusia berperang melawan monster raksasa dengan latar belakang dan asal yang misterius yang datang untuk memburu dan memakan umat manusia.

Manga tersebut mendapatkan adaptasi anime yang dibuat oleh studio Wit yang dimulai pada tahun 2013 dan berlanjut sampai tahun 2019 sebanyak tiga season. Setelah itu diakhir tahun 2020 ini ditayangkan season keempat yang juga merupakan season terakhirnya yang berganti studio menjadi MAPPA yang tayang sampai bulan Maret, tapi akan lanjut lagi pada musim dingin depan.

Dan sekalian balik pada topik utama, manga Shingeki no Kyojin original karya Isayama sensei juga akhirnya baru merilis chapter terakhirnya dalam isu terbaru majalah manga Bessatsu Shonen setelah seri apik itu berjalan selama 11 tahun 7 bulanan.

Isu majalah manga tersebut terlihat merayakan akhir dari Shingeki no Kyojin dengan menampilkan 12 karakter utama Shingeki termasuk Eren, Mikasa, Armin yang hadir dalam wujud saat masih kecil pada cover isu majalah manga tersebut.

Banyak yang memberi selamat akan akhir manga tersebut dari fans sampai sesama mangaka, seperti Haruba Negi sang mangaka Gotoubun no Hanayome yang juga tamat baru-baru ini sampai Seo Kouji sang mangaka dari Kimi no Iru Machi dan Fuuka.

Dan wajar sebagai salah satu seri animanga terpopuler dunia, tak hanya fans dari dalam negeri tapi juga dari luar Jepang ikut memberikan selamat. Walau tidak semuanya, karena ada juga yang memberikan kritik pada akhir manga itu. Bagaimanakah dengan mina-san?