Kabar tidak menyenangkan dari grup idol pujaan sejuta umat, AKB48. Tampilnya idol besar jepang itu di event Mnet Asian Music Awards alias MAMA menimbulkan perdebatan sengit antara fandom dari kedua belah pihak penikmat pop culture tersebut. Dan setelah event MAMA selesai, AKB48 sebagai mega idol malah menuai beberapa kritik pedas.

Hal tersebut terjadi setelah AKB48 tampil bersama dalam satu panggung dengan 5 idol korea. Mereka bersama-sama membawakan lagu andalan masing-masing negara. Yaitu Heavy Rotation, Fortune Cookies, dan Pick Me. AKB48, yang sejak awal memang didesain untuk potret idol yang cute dan menggemaskan tampil hangat dengan gerakan-gerakan khas mereka. Sedangkan para idol korea tampil dengan gerakan enerjik dan bersemangat. Nggak heran sih sebenernya, kan image idol korea memang dikenal publik karena tema sexy ketimbang kawaii.

Secara keseluruhan sih, baik idol jepang maupun korea melakukan koreografi dengan dasar sama. Namun idol korea dirasa lebih mendominasi dengan gebrakan gerakannya yang dimodifikasi dari cute ke arah sexy dan berani. Tapi mungkin pendapat akiba-chan dan akiba-kei bisa beda sih.

Untuk itu coba deh lihat cuplikan video nya dibawah ini:

Setelah melihat video yang pertama, kritik pedas datang dari fans idol korea. Diantaranya seperti:

“Idol korea emang lebih cakep, gerakannya juga bagus.”

“Akhirnya gue paham kenapa idol korea lebih cepet terkenal di luar negeri”

“Kostumnya idol jepang kok kekanak-kanakan banget ya….”

“Itu pas lagunya AKB48 kenapa dance jadi enakan pas dibawain idol korea sih? serius mereka pernah latihan nggak sih?”

Dan masih banyak lagi komentar yang dilayangkan untuk anak emas Yasushi Akimoto tersebut. Meskipun AKB48 akhirnya juga bergerak lebih enerjik di lagu kedua, namun ternyata kritik pedas yang menghantam mereka tak berhenti sampai disitu.

Kritikan yang lebih pedas dan mak jleebbb malah datang dari netizen jepang sendiri. Yang notabenenya se’rumah’ dengan mereka.

“Jangan dibandingin lah. Emang mereka standartnya terlalu rendah”
“Yah kita kalah lagi. emang nggak ada yang bisa nandingin idol korea”
“AKB48 cuman bagus buat event handshake. jangan nyebur ke musik atau dance deh ya”
“Fans emang kebanyakan suka belain AKB48, padahal emang koreografi mereka amatir banget. nyanyi nya juga nggak bagus-bagus amat. terima kenyataan deh…”

Yah mungkin, bisa jadi, yang memberi komentar pedas adalah mereka para haters. Tapi nggak memungkiri juga beberapa fans yang merasa idol jepang belum bisa disetarakan dengan idol korea dalam masalah koreografi. Move on deh ya, nggak usah saling menjatuhkan. Damai itu indah. Toh setiap idol punya kekurangan dan kelebihan tersendiri. 🙂 Betul nggak?

Comments

Loading...