AKB48 Melanjutkan Proyek Dareka no Tameni di Tahun Ini

Tanggal 11 Maret 2010 menjadi tahun yang berat bagi Jepang. Pada tanggal tersebut, sebuah gempa berkekuatan 8 Skala Richter di ikuti Tsunami meluluh-lantakkan pesisir timur Jepang, salah satu daerah yang paling parah terkena imbasnya adalah daerah Tohoku.

Dareka-no-Tame-ni official logoGempa ini membuat idol grup terbesar di Jepang, AKB48 Grup simpati dan peduli. AKB48 Grup pun meluncurkan sebuah proyek bernama “Dareka no Tameni” atau “What Can I Do for Someone”. Proyek ini adalah sebuah proyek penggalangan dana yang nantinya akan disumbangkan ke daerah-daerah bencana. Untuk mendukung proyek ini, AKB48 juga telah mengumumkan bahwa mereka akan melanjutkan proyek ini pada tahun 2015. AKB48 Grup juga telah mengunjungi daerah bencana sebanyak 46 kali serta telah mengadakan acara seperti mini live dan acara jabat tangan. Selain itu, lagu dukungan mereka ‘Tenohira ga Kataru Koto‘ tersedia untuk dapat download secara gratis melalui situs proyek ‘Dareka no Tame ni’. AKB48 Group juga menerima sumbangan melalui situs web dan telah mengumpulkan dana sebesar 1,300,045,904 Yen atau sekitar Rp.131.139.530.474 (seratus tiga puluh satu milyar rupiah)  yang tercatat dari bulan Maret 2011 sampai dengan tanggal 12 Maret 2013 yang kemudian disumbangkan kepada para korban bencana gempa di Jepang Timur melalui Badan Palang Merah Jepang.

Berikut PV lagu lagu Dareka no Tameni:

PV lagu Tenohira ga Kataru Koto:

Kini, 4 tahun setelah gempa besar tersebut terjadi, AKB48 grup akan melanjutkan proyek tersebut dengan target pemulihan dan restorasi wilayah bencana. Oleh karena itu, kemarin (11/03) tepat empat tahun bencana tersebut, AKB48 melakukan penampilan spesial guna memperingati bencana tersebut. AKB48 Grup membagi member-membernya untuk tampil di wilayah bencana dan teater.

Terpilih 8 member yang akan tampil serentak di 6 lokasi bencana dan berinteraksi langsung via satelit dengan seluruh teater AKB48 Grup. Target lokasi bencana yakni Miyako dan Kamaishi di prefektur Iwate, Minami Sanriku dan Ishinomaki di prefektur Miyagi serta Soma dan Minamisoma di prefektur Fukushima.

Berikut peta konser memperingati 4 tahun bencana gempa Tohoku:

AKB48 Group map

(foto member dari lokasi kredit dr conanatsuko)

This slideshow requires JavaScript.

AKB48 Live at Theater pada peringatan 4 tahun gempa Tohoku
AKB48 Live at Theater pada peringatan 4 tahun gempa Tohoku

 

SKE48 Live at Theater pada peringatan 4 tahun gempa Tohoku
SKE48 Live at Theater pada peringatan 4 tahun gempa Tohoku

 

NMB48 Live at Theater pada peringatan 4 tahun gempa Tohoku
NMB48 Live at Theater pada peringatan 4 tahun gempa Tohoku

Sumber: AKB48 Daily, Conanatsuko48