Akankah Konser Hatsune Miku di Indonesia Menjadi yang Pertama sekaligus Terakhir?

Save Hatsune Miku
Save Hatsune Miku

Halo Akiba-kei dan Akiba-chan pecinta Vocaloid!!
Kalo di artikel sebelumnya ada kabar gembira bahwa TimVocaloid akan mengadakan konser Hatsune Miku di Indonesia, maka kabar gembira tersebut mungkin menjadi akhir yang tidak menggembirakan.

Seperti yang diulas dalam artikel sebelumnya, pengadaan konser Hatsune Miku di Indonesia ini merupakan hasil kemenangan voting “negara manakah yang ingin dikunjungi oleh sang diva Hatsune Miku” di website resmi milik Crypton. Dan hasilnya, kota Jakarta dari Indonesia mendapat peringkat voting tertinggi dan akhirnya tim Vocaloid akan mengadakan Expo sekaligus Konser Hatsune Miku di Indonesia.

Konser Hatsune Miku di Indonesia ini merupakan konser yang pertama kalinya di Indonesia, dan dirancang secara meriah dan besar-besaran. Bahkan rencananya, patung dengan skala 1:1 Hatsune Miku dengan sayap indah di punggungnya akan dibawa langsung dari Jepang dan dipajang di Indonesia lho!!

Patung Hatsune Miku dengan Sayap
Patung Hatsune Miku dengan Sayap

Namun kabarnya akhir-akhir ini, konser yang dirancang secara besar-besaran itu tidak banyak mendapat dukungan penuh dari fans Indonesia. Banyak fans yang awalnya begitu ramai membicarakan soal kedatangan Miku di Jakarta, namun setelah melihat harga tiket berubah pesimis dan kehilangan keinginan untuk menonton konsernya. Komentar-kometar sindiran sampai pahitpun terkadang dijumpai telah dilontarkan para fans kepada halaman resmi facebook dari Konser Hatsune Miku di Indonesia. Adapun rincian harga yang ditawarkan oleh pihak tim Vocaloid adalah:

Harga Tiket

PLATINUM: Rp. 1.390.000,-

GOLD: Rp. 1.000.000,-

SILVER: Rp. 700.000,-

BRONZE: Rp. 390.000,-

Harga Tiket Konser
Harga Tiket Konser

Harga tiket yang berkisar antara Rp 390.000,- sampai Rp 1.390.000,- per orang dianggap terlalu mahal oleh beberapa fans Vocaloid Indonesia, hal ini dapat dilihat dari beberapa komentar fans yang ditujukan pada facebook resmi tim Vocaloid dibawah ini:

komentar 1
komentar 1
komentar 2
komentar 2
komentar 3
komentar 3
komentar 4
komentar 4
komentar 5
komentar 5

 

Dan masih banyak komentar-komentar lain yang menunjukkan keterkejutan tentang harga tiket. Beberapa fans merasa kisaran harga tiket masih dalam tingkatan yang wajar, namun beberapa fans merasa bahwa tiket yang dijual terlalu mahal untuk melihat “hanya” sebuah hologram. Tentunya kedua pernyataan tersebut menuai kontroversi karena fans yang merasa tiket itu terlalu mahal untuk hologram dirasa tidak menghargai kerja dari tim Vocaloid, dan meskipun untuk sebuah hologram, hologram yang disajikan tentunya memiliki teknologi yang cukup tinggi dan tidak hanya hologram “murahan”. Menanggapi hal ini, pihak resmi tim Vocaloid menyatakan bahwa harga yang tertera merupakan harga yang wajar dan pihak tim Vocaloid tidak mementingkan keuntungan sebagai nomer 1.

Tidak hanya sampai disitu saja, hal yang sangat disayangkan kembali datang dari pihak fans Indonesia dalam bersikap. Banyak fans yang tidak ingin datang ke konser karena mahalnya tiket tersebut menulis komentar untuk mengajak yang lain berbondong-bondong melihatnya melalui situs youtube. Parahnya, hal ini disampaikan di komentar facebook resmi tim Vocaloid. Berikut adalah beberapa komentar tersebut:

komentar youtube 1
komentar youtube 1
komentar youtube 2
komentar youtube 2
komentar youtube 3
komentar youtube 3

Nampaknya, komentar tentang fans yang lebih memilih melihat di youtube ketimbang konsernya, dianggap kurang sopan. Pasalnya, di Jepang hal-hal yang diunduh secara full tanpa izin dari pihak resmi, termasuk di youtube dianggap melanggar hak cipta ataupun hal yang ilegal.

Menghadapi hal itu, pihak resmi tim Vocaloid menjawab beberapa pertanyaan di FAQ yang menunjukkan bahwa ada tidaknya konser Hatsune Miku di Indonesia tahun depan dilihat dari antusiasme fans di Indonesia pada konser ini. Bisa adanya konser tahun depan atau tidaknya, tergantung pada fans Indonesia itu sendiri. Adapun pihak resmi tim Vocaloid mengadakan satu promo tiket yang bekerja sama dengan pihak 7-eleven untuk menarik perhatian pengunjung konser.

Jawaban FAQ 1
Jawaban FAQ 1
Jawaban FAQ 2
Jawaban FAQ 2
Promo 7-eleven
Promo 7-eleven

 

kaskus vote miku
kaskus vote miku

 

Situs website kaskus.com juga mengadakan poling untuk fans Vocaloid Indonesia mengenai antusiasme nya. Hasilnya, cukup banyak fans yang tidak ingin datang ke konser, namun dibalik itu semua cukup banyak juga fans yang mendukung Miku sepenuh hati. Beberapa foto dikirimkan oleh para fans dengan kertas komentar dukungan untuk Miku. Bagaimana fans? Tidakkah kamu ingin mendukung sang diva Hatsune Miku sampai tetes darah terakhir? Akankah Miku menghilang dari Indonesia seperti dalam lagunya disappearance? Apakah Vocaloid memang hanyalah sebuah hologram yang tidak memiliki hati?

 

 

dukung miku
dukung miku
SHARE
Previous articleNilai moral dari dongeng “Kobutori Jiisan”
Next articleGingham Check jadi Single Ke-6 JKT48
やるキ、げんキ、ゆキでーす! 国立スラバヤ大学卒業生(もうすぐ笑)、富山大学日研生でした。 ジャワ語、インドネシア語、英語、日本語。 O型、多趣味、偏見のない、チャレンジ好き、ダジャレ好き、たまに真剣(笑) 音楽:ジャニーズ(特NEWSとKAT-TUN)、アニソン、ボカロ、歌い手 やりたいこと:世界旅(宇宙も) どうぞ気軽にお話をかけてみてください!♪ Hello, Yuki Nyan here~ I've graduated from State University of Surabaya and I've been study abroad in Toyama University. Javanese, Bahasa Indonesia, English, Japanese. Blood type O, multivaried interests, open-minded, love to challenge, love jokes, sometimes being serious (lol) Music: Johnny's Entertainment (especially NEWS and KAT-TUN), Anisong, Vocaloid, Utaite Wanna do: World Journey (and also Space) Feel free to talk me~