Sudah ada beberapa seri animanga klasik jaman dulu yang membuat film dan sekaligus melompat dimensi pada format visualnya dari 2D menjadi 3D CG modern, seperti Doraemon dan Lupin III. Dan baru-baru ini dikabarkan kalau seri animanga klasik Chibi Maruko juga akan melakukan hal serupa, tapi ada hal menarik lain lagi dimana film 3D CG tersebut bukan dibuat di Jepang tapi di negara tetangganya, China.

Chibi Maruko-chan berawal sebagai seri manga yang dibuat oleh Sakura Momoko yang dimulai dari tahun 1986 dan berjalan selama 10 tahun sampai 1996, mengisahkan kehidupan sehari-hari anak SD bernama Maruko dan juga keluarga dan temannya. Ia kemudian melanjutkannya dengan versi Yonkoma yang berjalan tiga tahun di koran Jepang dari 2007 sampai 2011.

Serialisasi manga tersebut tapi dimulai lagi dalam tahun 2019, walau tidak berjalan secara reguler, yang produksinya dilanjutkan oleh para asisten lama dari Sakura Momoko yang membentuk perusahaan Sakura Production, dengan wafatnya Sakura-sensei tahun 2018 lalu.

Manga tersebut juga diadaptasi menjadi anime yang pertama jalan selama tahun 1990-1992, dan anime itu kemudian tayang lagi dari tahun 1995 dan masih terus berlanjut sampai sekarang ini dengan jumlah episode yang telah melampaui 1.200, walau sempat tidak tayang sementara dalam tahun 2020 lalu karena pandemik coronavirus.

Anime itu juga memiliki beberapa movie, dengan yang terbaru adalah film perayaan 25 tahun seri Chibi Maruko-chan yang tayang tahun 2015 lalu. Tapi seperti yang dikatakan diawal, akan ada projek film baru lagi untuk seri tersebut.

Sakura Production mengumumkan film tersebut diberi judul Kigen Hikki yang berarti Fantastic Notebook, dan seperti yang dikatakan diawal akan berbentuk 3D CG, dan juga memberikan teaser akan cerita film itu yang dikatakan akan menceritakan Maruko-chan akan menjelajahi petualangan misterius dalam dunia yang fantasi.

Dan yang menarik adalah produksi film itu akan dilakukan di China oleh studio Guangdong Sublime Media, dan disutradai oleh Lulu Xue. Dan cocok dengan hal itu, film tersebut dijadwalkan untuk dirilis pada Tahun Baru Imlek tahun 2022 nanti.