Walau tempat-tempat umum perlahan mulai banyak yang dibuka di Jepang, tetap saja virus corona masih ada dan berpotensi menyakiti, dengan tempat seperti restoran dan maid cafe masih membawa resiko penyebarannya. Tapi ada sebuah ide menarik yang diumumkan baru-baru ini, yang membuat orang bisa mendatangi maid cafe yang kawaii tanpa perlu keluar rumah, yaitu dengan virtual maid cafe.

Yup, dikabarkan kalau maid cafe chain @Home Cafe akan membuka Virtual @Home Cafe yang berlokasi dalam dunia digital. Cafe virtual tersebut akan menampilkan karakter maid virtual 3D yang wujudnya didesain oleh artist bernama Ankotaku, desainer karakter Onsen Musume dan Hatsune Miku Birthday Party.

Pelanggan dapat memasuki virtual cafe tersebut melalui smartphone, dan tergantung gender avatar, mereka akan dipanggil Goshujin-sama (untuk pria) atau Ojou-sama (untuk wanita) dan mereka dapat berinteraksi dengan para maid disitu dengan mengobrol, atau main game, dan juga bisa berfoto bareng mereka, walau tak dikatakan bagaimana makanan/minuman cafe itu.

Konsep utama dari cafe tersebut dikatakan sebagai komunikasi dengan bentuk baru dengan “lupakan dunia nyata, jadilah siapa yang kau mau dan bicarakan apa yang kau mau” dan dalam konferensi pers dikatakan kalau mereka akan “membawakan virtual moe terhebat kepadamu”.

@Home Cafe itu sendiri adalah maid cafe populer yang didirikan oleh perusahaan asal Tokyo bernama Infinia tahun 2004 lalu. Mereka bukanlah maid cafe ecer-eceran, dengan cafe tersebut sudah terkenal sebagai salah satu maid cafe paling berkualitas yang pernah ada, baik dalam level hidangan yang disediakan, dan juga pada kualitas para staff maid mereka.

Hal itu terlihat dengan beberapa maid mereka setelah “lulus” dari cafe tersebut jadi berpindah ke dunia entertainment seperti idol! Contohnya adalah Matsumura Kaori dari grup idol AKB dan SKE48, dan Naruse Emi dari grup Denpagumi.

Dengan cafe ini berbentuk digital yang bisa didatangi hanya berbekal smartphone, memungkinkan bagi pengunjung yang diluar Tokyo dan Akihabara tak perlu travel fisik kesitu. Tapi tak dikonfirmasi apakah mereka yang diluar Jepang bisa juga mendatanginya. Yang jelas cafe tersebut dikatakan akan dibuka tak lama lagi pada musim panas 2020.