Virtual Youtuber terlihat semakin mendunia dalam tahun 2020, dan itu terlihat dengan makin banyaknya Vtuber di negara luar Jepang yang juga populer, baik indie atau bagian agensi. Dan Indonesia juga, dimana kita tak hanya punya Vtuber indie, tapi juga bagian dari agensi Jepang macam Hololive dan Nijisanji, dan bahkan ada agensi lokal bernama MAHA5, yang jadi topik kabar kali ini dimana mereka akan meluas ke Jepang sana.

MAHA5 yang disebut sebagai Maha Panca adalah agensi Virtual Youtuber berbasis di Indonesia yang ada sejak Oktober 2019 lalu saat mereka meluncurkan Vtuber pertama mereka, Andi Adinata. Saat ini ada total lima Vtuber yang menjadi bagian dari agensi tersebut, dimana setelah Andi ada juga Vtuber Alia Adelia, Lumi Celestia, Nia Redalion, dan Zen Gunawan.

Ada juga grup duo virtual Youtuber dengan nama Nana Rika yang pertama merupakan bagian dari agensi tersebut yang meluncur diawal 2020, tapi mereka berhenti melakukan aktivitas beberapa bulan lalu, dan sepertinya sudah tidak aktif lagi.

Tentu sebagai agensi lokal, para talenta virtual youtuber tersebut utamanya berbicara dengan bahasa Indonesia. Tapi seperti yang dikatakan diawal, agensi itu bersiap untuk semakin multilingual lagi, dengan pengumuman kalau mereka sedang membuka audisi untuk generasi pertama dari Vtuber MAHA5 Japan.

Yup, sesuatu yang sedikit menarik perhatian netizen Jepang dimana kebalikan dari Hololive dan Nijisanji yang merupakan Agensi Jepang yang meluas buka cabang Indonesia, ini adalah agensi Indonesia yang meluas dan membuka cabang luar di Jepang.

Sesuatu yang memang sesuai dengan tujuan agensi tersebut yang dikatakan berusaha menghubungkan Indonesia dengan Jepang melalui budaya populer animasi Jepang (Anime) yang dikemas dalam bentuk YouTuber virtual dan menemani masyarakat Indonesia melalui konten-konten digital buatan mereka.

Eniwei, tentu ini bukan untuk mereka yang di Indonesia, tapi dari syarat sepertinya terbuka untuk orang negara manapun yang saat ini tinggal di Jepang, dengan batas umur diatas 18 tahun. Proses audisi berjalan sampai akhir Maret, dan diharapkan Vtuber baru tersebut dapat memulai aktivitas dari bulan April nanti.