AFAID 2016 berakhir sudah. Tiga hari yang penuh epic itu diakhiri dengan suasana epic. Tahun ini AFAID2016 masih dipenuhi dengan konten-konten menarik, diantaranya anisong, cosplay internasional, screening anime-anime terbaru. Selain itu, kali ini artis-artis lokal juga sudah dilibatkan di AFAID 2016, diantaranya adalah REDSHiFT dan Shojo Complex. Jika kita resume rupanya event ini masih disambut hangat lho oleh para fans anime,manga, dan waifu-waifunya.

Credit : AFA Facebokk Page
Credit : AFA Facebook Page

Highlight hari pertama fokus pada kehadiran hari pertama para guest cosplay. Ada juga artis-artis Jepang seperti 10JINACTOR dan Tomomi Itano. Kehadiran 10JINACTOR membuat AFAID 2016 pada hari itu penuh dengan fangirling. Bahkan dengar-deangar ada yang sampai pingsan saat dikabedon sama salah satu personil 10JINACTOR. AFAID 2016 pada hari itu pun ditutup dengan penampilan spektakuler Aimer, livetune+, Alisa Takigawa, dan Elisa pada sesi Anisong. Kalau pengen tahu detailnya ada apa aja di AFAID 2016 Day 1 baca juga disini.

img_2680

Di hari kedua penuh dengan screening anime dan meet and greet dengan para guest cosplay. Tahun ini penyelenggara AFAID memang memberikan kesempatan besar dengan para fans cosplayer internasional untuk bisa berinteraksi dengan idola mereka. Tidak hanya terfokus di mini stage Akiba saja, tapi para guest cosplay disebar di beberapa tempat seperti di Booth Sosro, Booth Bandai Gunpla, AFA Cafe, dan AFA SHOP. Day 2 AFAID 2016 juga penuh dengan cosplayer, yang pastinya karena sebagian dari mereka ingin mengunjuk gigi di mini stage Akiba pada ajang kompetisi ARCC Single Cosplay. Baca detailnya di link berikut.

img_2859

Nah yang ditunggu-tunggu adalah kompetisi ARCC pada hari ketiga yang merupakan ajang kompetisi cosplay bergengsi yang mencari duo cosplay terbaik yang tidak hanya dinilai dari segi kostum, tapi juga penampilan di atas panggung dan pembawaan karakter. Ada 8 peserta yang mengikuti kompetisi ARCC tahun ini. masing-masing peserta menyajikan performance yang berbeda-beda dan unik dengan cara mereka. Penampilan mereka ini dijurikan langsung oleh para guest cosplay dan juga tambahan juri, yaitu para pemenang cosplay WCS 2016 Frea dan Ryan.

14324337_10153772142296022_2544268244302945925_o
Credit : AFA Facebook Page

Setelah penampilan para peserta, acara dilanjutkan dengan penampilan cosplay cabaret dari Lunar Cosplay Team yang sudah dari tahun ke tahun langganan tampil di AFAID 2016. Penampilan mereka tidak pernah mengecewakan dan selalu spektakuler. Tahun ini mereka menampilkan teatrikal Touken Ranbu. Drama yang unik dipadu dengan tarian dan lawakan lypsinc yang konyol berhasil membuat penonton terpingkal-terpingkal menonton penampilan mereka. Penampilan Lunar Cosplay Team ini mengantar pada pengumuman pemenang ARCC Indonesia. Bisa kalian tonton lhoo di sini : https://www.facebook.com/misaki.yuri.5?hc_ref=NEWSFEED

Pemenang juara 3 dimenangkan oleh tim DOKO yang menampilkan cosplay Tokyo Ghoul, lalu pemenang kedua jatuh pada tim NEXUS dari Bali yang meng-cosplaykan Kamen Rider Drive dan piala juara pun jatuh ke tangan tim DNG Force yang meng-cosplay-kan Garo.

AFAid 2016 AN

Secara kesuluruhan AFAID 2016 berhasil memanjakan para otaku Indonesia. Meskipun banyak kendala yang terjadi seperti kejadian mati lampu dan beberapa kendala lain, acara tetap berjalan dengan lancar. Good Job for AFA!