Pokemon adalah franchise yang begitu membanggakan bagi Nintendo. Waralaba permainan video yang mencapai 180 juta salinan pada tahun 2008 ini sangat spektakuler. Buktinya, publik pencinta gaming mempunyai sifat yang sangat loyal serta fanatik terhadap Pocket Monsters (ポケットモンスター Poketto Monsuta). Mereka tidak segan membeli merchandise yang berkaitan dengan Pokemon, meski sekalipun mahal harganya dan susah didapatkan. Ehem… makanya kita akan membahas sedikit sisi lain dari wujud 5 Pokemon unyu dari seri ini.

Satoshi Tajiri merupakan orang penting di balik perjalanan panjang Pokemon sejak tahun 1995. Permainan video yang amat menyenangkan sekaligus membuat ketagihan itu mendapat pembaruan secara konstan seiring perkembangannya. Dengan gaya petualangan-aksi, ditambah kecintaan kepada hewan peliharaan yang dapat dilatih bertarung, Pokemon menjadi game favorit semua kalangan.

Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian pasti tahu, bahwa franchise satu ini memiliki poin ciri khas yang berbeda dengan franchise lainnya. Yakni, tentang adopsi makhluk lucu sebagai teman dan hewan peliharaan. Secara garis besar, ide permainan video Pokemon adalah pemain menjadi trainer atau pelatih yang memelihara makhluk lucu (pokemon) dan melatihnya hingga kuat, untuk kemudian dipertandingkan dengan yang lain di sebuah kejuaraan.

Nah, ada banyak jenis makhluk menggemaskan itu dan berbeda-beda wujudnya. Elemen serta kemampuan yang mereka miliki pun bermacam-macam. Akan tetapi, tahukah, Minna-san? Ada cerita menyeramkan di balik 5 pokemon di bawah ini. Mereka dibuat berdasarkan sebuah cerita mistis serta kisah seram.

1 – Vulpix

Pernahkah Mina-san bertanya dalam hati, kenapa hewan rubah terlalu sering muncul di berbagai serial anime? Jawabannya adalah, karena binatang satu itu merupakan salah satu roh dalam cerita rakyat Jepang. Orang-orang di Negeri Bunga Sakura percaya bahwa rubah merupakan salah satu hewan yang keramat. Di dalam legenda mereka, ada yang namanya Kitsune, dan dia merupakan siluman berwujud rubah ekor sembilan.

Ada banyak perdebatan tentang Kitsune serta versi ceritanya. Tetapi cerita rakyat yang lebih terkenal menyebutkan, bahwa Kitsune dahulu merupakan siluman yang menjadi teman setia leluhur orang Jepang. Kitsune juga dianggap sebagai salah satu dari Inari (Dewa-dewa Alam), dan penyampai pesan dari Kami (nama Tuhan dalam kepercayaan umat Shinto).

Namun versi cerita yang satunya lagi begitu bertentangan, yakni menyebutkan bahwa Kitsune adalah siluman yang berpihak pada iblis. Siluman itu begitu jahat dan sering menyerang orang-orang Jepang pada zaman dahulu. Kitsune digambarkan sebagai siluman licik serta menyeramkan dengan taring yang panjang. Ia akan mengubah bulunya dari merah-oranye menjadi putih-keemasan, dan menumbuhkan ekor hingga sembilan buah. Itu tanda bahwa ia telah mendapatkan kekuatan sihir yang dahsyat.

Dan pokemon Vulpix sepertinya terinspirasi dari kisah Kitsune. Vulpix akan mengubah warna bulu mereka menjadi keemasan dengan tambahan ekor sebanyak tiga buah saat naik level. Yah wajar deh kalau ternyata dia masuk list 5 pokemon unyu namun memiliki cerita seram dibaliknya.

2 – Groudon dan Kyogre

Dari cerita rakyat Negeri Matahari Terbit, mari kita berpindah ke dalam cerita klenik dari negara bagian Uni Eropa, yakni Seven Deadly Sins. Berdasarkan perkembangannya, cerita tentang Tujuh Dosa Mematikan mendapat banyak penyesuaian yang panjang. Hingga akhirnya imam umat Katolik, yakni Santo Gregorius Agung, meluruskan cerita ini dan dikenal sampai sekarang.

Baca Juga: Sugoi! Live Action Pokemon Go Tampilkan Pertarungan Paling Ganas!

Di dalam cerita klenik Seven Deadly Sins, ada tujuh dosa yang memiliki simbol iblisnya masing-masing. Ketujuh iblis mewakili tujuh dosa mematikan yang menjadi sebab dosa-dosa lain. Dua dari tujuh di antaranya bernama Leviathan dan Behemoth. Leviathan digambarkan sebagai naga atau ular laut yang begitu ganas. Sedangkan Behemoth, sering tampil sebagai raksasa yang memakai perlengkapan besi.

Di dunia Pokemon, dua iblis menyeramkan itu tampil imut dengan nama Groudon dan Kyogre.

3 – Froslass

Kembali lagi ke cerita rakyat Jepang. Orang-orang Negeri Bunga Sakura itu begitu mengenal sosok yang bernama Yuki-ona. Mungkin Minna-san di rumah yang menyukai legenda-legenda mistis Jepang juga mengetahui siluman satu ini. Ya, Yuki-ona begitu terkenal. Dia adalah salah satu yokai atau roh yang sering diangkat ke banyak buku, film, anime, serta manga.

Yuki-ona diceritakan sebagai hantu yang sering memunculkan diri di musim salju. Dia adalah ‘wanita salju’ yang suka menyesatkan para pejalan kaki hingga membuatnya mati kedinginan. Napas Yuki-ona pula dikatakan bisa membekukan apapun. Ia digambarkan dengan wujud wanita muda berambut hitam tergerai panjang serta mengenakan kimono putih. Dan kalau dilihat dari belakang, Yuki-ona sangat terlihat cantik.

Di dunia Pokemon, ada yang namanya pokemon dua tipe sekaligus, yakni Ghost dan Ice. Dia adalah Froslass. Dengan tampilan mungil, Froslass merupakan hantu yang menggoda untuk dipeluk para trainer meski boleh jadi akan terasa sangat dingin.

4 – Manetric

Dalam kepercayaan umat Shinto, Raiju adalah hewan setia yang selalu menemai Dewa Petir ke mana pun. Di tubuhnya mengalir petir yang berkilat-kilat. Orang Jepang percaya bahwa Raiju memiliki kebiasaan unik, yakni bersembunyi di balik pusar seseorang. Sehingga ketika langit sedang diselimuti mendung tebal, anak-anak di Jepang sering disuruh pulang ke rumah masing-masing dengan ditakut-takuti bahwa Raiju mungkin akan memasuki pusar mereka.

Manetric merupakan pokemon yang berwujud mirip dengan Raiju. Selain itu, Manetric menggunakan elemen petir sebagai senjata utamanya. Tubuhnya juga sering diselubungi petir yang berkilat-kilat.

5 – Jynx

5 Pokemon AKIBANATION

Jynx adalah tipe pokemon yang mengandalkan kemampuan berdansa untuk melancarkan jurus bernama “Lovely Kiss”. Terkenal memiliki dandanan khas Ganguro (tren berpakaian gothic ala perempuan muda di Jepang pada tahun 1990-an), karakter Pokemon ini bisa dibilang terinspirasi dari legenda hantu Jepang yang bernama Yama-uba.

Menurut legenda, Yama-uba merupakan siluman berwujud nenek-nenek yang menyeramkan. Banyak versi yang bertebaran tentang Yama-uba. Tetapi garis besarnya menceritakan tentang Nenek Penunggu Gunung yang suka memakan hidup-hidup para pendaki atau pencari kayu yang tersesat. Yama-uba juga sering menjelma sebagai wanita muda cantik untuk merayu orang-orang.

Salah satu versi cerita yang terkenal menyebutkan, bahwa Yama-uba sering menawarkan penginapan serta menyuguhkan makanan dan minuman kepada orang-orang yang tersesat di gunung. Setelah mereka memutuskan bermalam di pondok tua milik Yama-uba kemudian tertidur pulas di sana, maka Yama-uba akan memakan mereka secara perlahan. Tidak ada yang akan menyadari bahwa mereka telah mati dimakan seorang nenek-nenek.

Rasanya diantara 5 pokemon menggemaskan diatas cuman yang terakhir ini serem luar dalam. Nonton bentuk pokemonnya aja udah ngeri ngeri sadis 😀 Kalau menurut akiba-chan dan akiba-kei mana yang paling nyeremin dari 5 pokemon diatas?

Comments

Loading...
SHARE
Previous articleSaksikan Indahnya Detail Waifu Baru dalam Video Re:CREATORS
Next articleTrailer Digimon Adventure tri Soushitsu Ungkap Cerita Rahasia
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here