Akiba-chan dan Akiba-kei tau Yumi kan? Penyanyi asli Indonesia yang sudah melanglang buana di jepang. Nah kita mendapatkan kesempatan untuk bertemu dan berbincang dengan Yumi lagi. Kali ini Yumi memberikan pengalamannya di jepang dan Indonesia. Tak hanya itu, akan ada sesuatu yang baru dari Yumi loh, berikut bincangan AkibaNaion dengan Yumi.
Hello yumi, setelah sekian lama akhirnya kita berjumpa lagi. Apakah ada next project dari yumi?
hello AkibaNation, kalau untuk project pastinya ada, pada event jepang nanti di Ennichisai saya akan menyanyikan lagu tema Ennichisai yang berjudul Bunga Sakura. Selain itu juga saya akan perform untuk album saya dan berkolaborasi dengan musisi yang sudah professional.

Yumi
Yumi

Bagaimana kesan yumi yang sudah perform di banyak tempat terutama Jepang dan Indonesia?
Campur aduk rasanya ketika sudah melanglang buana di Jepang, ada bangga, sedih, senang, dll. Namun sayangnya tidak seperti Jepang dimana saya sudah ke Nagoya, Tokyo, Osaka di Indonesia sendiri saya belum pergi ke semua kota-kota besarnya baru Jakarta dan Bandung.
Bagaimana perbandingan stage antara di Jepang dengan Indonesia?
Yang jelas sih perbedaannya itu waktu, Jepang itu sangat disiplin akan waktu, bahkan sebelum perform dimulai kita udah harus standby, kalo disini masih kebanyakan ngaret. Lalu perbedannya juga terletak sama penontonnya, kalau di Indonesia kebanyakan penontonnya Otaku, sementara di jepang itu enggak, karena mindset orang jepang sendiri masih menganggap bahwa otaku memiliki artian yang negative, jadi kalo saya kesana tidak bisa menyanyi anime song karena saya sendiri bukan idol, melainkan penyanyi pop biasa.
Bagaimana perasaan yumi saat melihat antusiasme fan yang hadir saat perform?
Sangat terharu, adakalanya saya hamper menangi menitikkan ari mata tapi saya tahan
Apa sih yang menjadi penyemangat kamu untuk terus berusaha jadi penyanyi, di jepang dan Indonesia?
Motivasi utama itu adalah orang tua, saya ingin membahagiakan mereka dan kebetulan ibu adalah seorang single parent yang sudah merawat aku dari kecil. Dengan menjadi yumi yang sekarang ini saya merasa ada sedikit kebanggan tersendiri buat ibu. Terkadang ada rasa jenuh dengan segala peraturan ketat yang diberikan oleh agensi dari jepang dan merasa ingin berhenti saja. Tapi saya kembali berpikir kepada orang-orang yang sudah support saya di belakang rasanya sayang jika berhenti sampai disini saja. Jadi pada intinya penyemangat saya adalah ibu, mimpi saya, dan juga ingin menjadi inspirasi untuk mereka yang memiliki mimpi yang sama seperti saya.

Begitu lah bincang-bincang AkibaNation dengan Yumi, buat kamu yang datang ke ennichisai nanti, jangan lupa saksikan Yumi.