Memang sedih saat adanya kabar duka akan kematian nama besar yang kita gemari. Seperti wafatnya dua nama besar seri Digimon tahun 2016 lalu, Wada Kouji sang penyanyi OP Digimon dan Mizutani Yuuko seiyuu karakter Sora. Dan akhir tahun 2017 lalu ada kabar duka seiyuu lagi bagi fans Dragon Ball, dengan wafatnya seiyuu Bulma, Tsuru Hiromi, yang baru-baru ini diadakan acara memorial baginya yang dihadiri para fans dan sesama Seiyuu.

seiyuu Bulma

Acara memorial ini disebut sebagai oWakare-Kai atau acara perpisahan, dan dibuka untuk umum, membuat banyak fans yang datang. Acara tersebut didekorasikan dengan altar foto Tsuru Hiromi yang dihiasi sampai 4.000 bunga.

Disitu juga dipasangkan gambar karakter Dokin-chan dan Bulma yang disuarainya, dan tujuh bola besar yang merepresentasikan tujuh Bola Naga, dengan disetelnya lagu ending Dragon Ball sebagai background musik.

Karena peran Tsuru sebagai Bulma di Dragon Ball dan Dokin-chan di anime Anpanman terkenal dan sudah sangat lama dilakukannya, ada sampai ratusan fans yang datang menghadiri acara tersebut. Dikatakan ada sampai empat ratusan fans yang datang.

Dan tak hanya fans, tapi juga banyak sesama rekan kerja seiyuu dari anime Dragon Ball dan Anpanman. Seperti Furuya Tooru seiyuu dari Yamcha, Tanaka Mayumi seiyuu Krillin, Horikawa Ryo seiyuu Vegeta, Watanabe Naoko seiyuu Chichi, Yamadera Koichi seiyuu Beerus, dan juga sang seiyuu Goku, Nozawa Masako. Selain itu ada juga seiyuu Anpanman, Toda Keiko.

Nakao Ryuusei, seiyuu yang juga berperan dalam anime Dragon Ball dan Anpanman sebagai Freeza dan Baikinman, berkomentar kalau terasa sulit bekerja mengisi suara anime Anpanman lagi tanpa mendengar suara Dokin-chan, tapi tetap akan berusaha sebaik mungkin. Ia menambahkan dengan mengatakan “Dokin-chan! Bye Bye king!” sebagai Baikinman, tapi suaranya terisak. 🙁 Nozawa Masako juga sempat memberi pidato pendek mewakili semua tamu yang hadir.

Ia berkata “Ketujuh Bola Naga seharusnya dapat melakukan apapun bukan? Tapi kali ini tak ada yang bisa dilakukan, maaf. Aku tak tahu apa yang terjadi, dan andaikan saja aku bisa menanyakannya ‘ada apa denganmu?’. Tapi sepertinya Hiromi, tanpa mengganggu siapapun, telah pergi ke tempat yang tak bisa kita ikuti. Tapi, ada banyak teman disana. Aku tak ingin mengatakan ini, tapi Hiromi, tolong awasi kita disini, selamat tinggal”.

Kokoro makin ter-Hit nih 🙁
Selamat Tinggal Tsuru Hiromi-san, suara anda akan terus kita kenang..

https://www.youtube.com/watch?v=J6chr50v6vg