Negara Jepang suka meng”adopsi” perayaan luar menjadi budaya sendiri yang terasa unik, yang terlihat tak hanya dari budaya Natal dan Valentine, tapi juga Halloween, yang sebentar lagi akan datang juga di Jepang. Tapi ternyata ada event tradisonal Jepang di suatu daerah yang memiliki suasana yang terasa seperti Halloween, dan terlihat tak kalah keren dan tak kalah seram, yaitu acara Ichijo Hyakki Yakou.

Acara tersebut diadakan di Kyoto, spesifiknya di daerah utaranya, pada sebuah jalanan yang memiliki nama Taishogun Shopping Street, tapi jalanan itu diberi juga nama lain Ichijou Yokai Street karena adanya kepercayaan kalau jalanan tersebut juga merupakan perbatasan antara dunia manusia dan dunia roh.

Dan karena lokasinya tersebut, dipercaya kalau pada era Heian, disitu terjadi fenomena Hyakki Yakou, atau Parade 100 Yokai, yang membuat barang-barang yang dibuang warga setempat disitu menjadi hidup dan ingin membalas dendam pada para manusia yang membuang mereka.

Mina-san yang gemar budaya Jepang kemungkinan pasti tahu fenomena tersebut. Yokai adalah hantu dan makhluk supernatural Jepang yang sampai sekarang juga masih terkenal dan suka muncul dalam berbagai animanga dan game, seperti Nurarihyon no Mago dimana fenomena Hyakki Yakou juga jadi hal keren yang ada disitu.

Dan acara Ichijo Hyakki Yakou yang kini juga diadakan di jalanan itu adalah festival yang membuat Hyakki Yakou terasa muncul lagi secara nyata. Apalagi tahun ini, acara tersebut juga mendapatkan bantuan promosi dari Universitas Seni Saga, yang membantu membuat kostum-kostum Yokai yang terlihat begitu apik, kece, dan serammm.

Acara itu diadakan setiap minggu ketiga dalam bulan Oktober, dan telah diadakan juga bulan ini pada weekend minggu lalu. Dan banyak yang membagikan foto dan video parade Yokai disitu, yang terlihat memiliki kualitas kostum yang memukau.

Cosplay Yokai tradisional dari Kappa, Hannya, Kitsune, dan lain-lain lagi meramaikan jalanan pada acara itu, dan mereka tak hanya terlihat tapi juga bergerak seperti Yokai jika mereka benar-benar nyata. Bagi yang ketinggalan acara seru dan seram ini, bisa mencoba mengikutinya tahun depan dimana Ichijo Hyakki Yakou 2020 dijadwalkan tanggal 17 Oktober.