Dalam sejarah konsol game, sudah dibuat berbagai macam bentuk controller. Dari Nintendo yang selalu kreatif dalam hal desain, sampai Playstation yang bentuknya sudah begitu ikonik. Tapi selain bentuk ada lagi yang unik dalam hal controller, yaitu cara memegangnya. Dan untuk hal itu, mari perkenalkan satu cara unik dalam memegang controller PS, yang terkenal rumit dan legendaris dari negara Jepang, AC Grip.

Jadi pemegangan controller Playstation AC Grip adalah dengan memegangnya secara terbalik. Sisi yang memiliki tombol-tombol dan analog justru diletakkan kebagian belakang. Kemudian setiap jari jadi bisa menyentuh dan menekan tombol dan analog controller tersebut.

Jika dilihat memang terasa rumit dan menyulitkan karena ini berarti player tak dapat melihat tombol yang ditekan, tapi juga ada kelebihan karena semua jari tangan jadi bisa terpakai untuk menekan tombol, jadi mengutak-atik tombol jadi bisa lebih cepat jika sudah terbiasa secara refleks.

Nama dari cara pegang controller ini berasal dari game klasik Armored Core, game mecha buatan From Software. Ya, nama developer yang terkenal membuat game super susah macam Dark Souls juga membuat game mecha yang terkenal susah karena player seperti memerlukan 15 jari untuk memainkannya, membuat cara pegang controller ini tercipta.

Tapi yang menarik dari gaya AC Grip, adalah cara pegang ini kemungkinan tercipta lebih sebagai candaan satire akan game Armored Core, jadi rasanya tak mungkin juga seorang player bisa benar-benar mampu main game dengan memegang controller seperi itu.

Tapi baru-baru ini netizen Jepang menemukan kalau AC Grip ternyata bisa dilakukan. Seorang gamer dengan nama Twitter Jiro-chan memperlihatkan kalau ia melakukan tehnik pegang controller AC Grip. Tapi menariknya, ia bukan memakainya untuk main Armored Core, melainkan game Fortnite.

Tweet AC Grip Jiro-chan jadi meleduk dan dsampai dapat 7 juta view, dan beberapa netizen jadi berkomentar bernostalgia berbicara mengenai grip legendaris tersebut. Ada yang mau mencoba melakukan tehnik ini? Jiro-chan sih mengatakan ia tak menyarankannya karena ia sendiri kelingkingnya sakit saat melakukannya.