Seiyuu di Jepang bisa setara dengan selebriti, dan karena itu bisa saja ada situasi saat ada seiyuu yang tak terus mengisi suara, dimana mereka bisa dibilang pensiun dai dunia sulih suara layaknya idol pensiun dari dunia entertainment. Tapi mereka bisa juga nantinya kembali lagi masuk dalam dunia seiyuu lagi, seperti yang terjadi pada seiyuu Furuya Shizuka, yang pensiun beberapa tahun lalu, dan kini kembali jadi seiyuu dan juga jadi nge-Youtube.

Furuya Shizuka adalah seiyuu yang memang tidak terlalu prolific, dengan kebanyakan perannya adalah untuk karakter yang bukan utama. Seperti UAGA1 dalam anime Upotte, Rhine-X1 dalam anime Robot Girls Z, dan Arita Matsuko dalam anime Another.

Tapi ia tetap memiliki fans dan juga dikenal berkat perannya sebagai Shinonome Nano dari seri Nichjou, manga karya Arawi Keiichi yang diadaptasi jadi anime oleh Kyoto Animation yang tayang tahun 2011. Manga itu sendiri sudah tamat tahun 2015, yang secara kebetulan juga jadi tahun saat sang seiyuu dikabarkan pensiun dari dunia sulih suara.

Akan tetapi seperti yang dikatakan diawal, baru-baru ini ada kabar menarik dari sang seiyuu, karena tak hanya dikabarkan kalau ia kembali menjadi seiyuu tapi juga menjelaskan alasannya pensiun dan juga beberapa aktivitasnya selama ini, melalui wawancara bersama website Animate Times dan juga melalui video yang dirilis pada channel Youtube yang baru dibukanya.

Kisahnya disitu terasa menarik untuk diketahui, dengan yang paling mengejutkan adalah ternyata alasan utamanya pensiun lima tahun lalu adalah karena ia terkena kecelakaan, dan membuat setengah badannya jadi lumpuh.

Untungnya setelah itu kondisinya membaik, tapi bahkan setelah itu ia tidak kembali menjadi seiyuu lagi. Dikatakan kalau ia kemudian melakukan berbagai pekerjaan, termasuk memakai waktu luangnya untuk cuti berlibur ke KorSel. Tapi menariknya lagi adalah ternyata tak banyak yang sadar atau tahu kalau ia pensiun, termasuk sesama seiyuu Nichijou Honda Mariko.

Karena itu, agensi lamanya menawarkan pekerjaan kepadanya, dan pada waktu yang sama produser Furuya juga menanyakannya apakah ia mau kembali mengisi suara. Dan ia tak hanya kembali, tapi juga membuka channel Youtube sendiri seperti kebanyakan seiyuu saat pandemik ini, dan secara mengejutkan dalam 4 harian ia dengan cepat dapat 4 ribuan subscriber.