Jaman sekarang ini negara Jepang perlahan semakin melonggarkan ketutupan mereka kepada negara asing. Kita sudah melihat semakin banyak kesempatan dan cara, bukan hanya untuk berkunjung ke negara Jepang, tapi juga untuk bekerja, dan untuk tinggal disitu. Dan pada tanggal 20 Januari kemarin, dikabarkan kalau Perdana Menteri Jepang, Abe Shinzou, ingin memudahkan masuknya pekerja asing di Jepang.

Ini sudah dimulai umum dari tahun 2002 lalu, dengan dilakukannya campaign Cool Japan. Campaign yang bertujuan untuk mempromosikan eksport budaya dari Jepang ke negara luar. Budaya modern seperti Anime dan Manga sudah pasti, tapi begitu juga dengan budaya tradisional seperti makanan, minuman, dan lain-lainnya.

Perdana Menteri Abe Shinzou, mengatakan ia mendukung campaign itu. Dan dalam komite penasihat Seksi Spesial Strategi Nasional, yang diadakan kemarin, ia juga mengusulkan ide untuk semakin memajukan campaign tersebut.

Ide Abe tidak memfokuskan pada membawa budaya dari dalam Jepang ke luar. Tapi kebalikannya, memfokuskan pada orang-orang luar yang mau datang masuk ke Jepang. Seperti pelajar asing yang mempelajari budaya Jepang. Abe Shinzou mengatakan orang-orang ini adalah “Sumber daya manusia yang dapat menjadi jembatan layang antara Jepang dan negara lainnya”.

Abe melihat akan pentingnya perekrutan orang asing dalam berbagai industri. Seperti fashion, makanan, distribusi, properti, dan tentu juga industri animasi, dan lain-lainnya. Apalagi melihat kalau peningkatan populasi negara Jepang itu sendiri tidak begitu sebanding dengan peningkatan jumlah permintaan akan pekerja.

Maka dari itu Abe menganjurkan untuk melonggarkan peraturan yang ketat akan izin pekerja asing untuk bekerja dan tinggal di negara Jepang. Komite penasihat tersebut benar-benar mempersiapkan revisi akan berbagai hukum yang bersangkutan dengan peraturan itu, dan menyerahkannya kepada Parlemen Jepang.

Abe Shinzou

Semua ini adalah bagian dari agenda reformasi ekonomi Abe, yang mendukung kebijakan imigrasi. Sebelumnya ia juga telah melonggarkan restriksi visa, dan mengatakan akan mempercepat proses izin tinggal permanen orang luar Jepang dari 5 tahun menjadi 3.

Wah bisa semakin terbuka lebar nih pintu kesempatan bagi mina-san yang mau coba cari ilmu dan atau kerja di Jepang. Dan sasuga pak Perdana Menteri yang tampil cosplay sebagai Mario dalam penutupan olimpiade lalu 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here