9th Seiyuu Awards 2015

Ajang penghargaan untuk seiyuu yang diadakan sejak tahun 2006 silam kembali dilaksanakan pada awal bulan Maret 2015. Sama halnya dengan ajang penghargaan lainnya, penghargaan ini memiliki beberapa kategori bergengsi yang diperebutkan oleh para seiyuu dalam anime-anime yang tayang pada tahun 2014 silam. Ada beberapa nama seiyuu yang sudah biasa menjadi langganan pemenang ajang tahunan ini ada pula para newcomer yang baru menjajal dunia per-seiyuu-an. Berikut  ulasan singkat tentang para seiyuu pemenang 9th Seiyuu Awards 2015.

Pemenang kategori Best Lead Actor dimenangkan oleh Daisuke Ono yang salah satu perannya sebagai Seishuu Handa (Barakamon), selanjutnya untuk Best Lead Actress diraih oleh Sayaka Kanda yang salah satu perannya sebagi Anna (Frozen -Japanese dub-). Untuk sekedar info Sayaka Kanda baru memasuki dunia per-seiyuu-an pada tahun 2012 dan ini merupakan kemenangan yang tidak terduga mengingat dia bisa dibilang masih sangat baru dalam dunia per-seiyuu-an, namun hal itu bisa dimaklumi dengan betapa terkenalnya film Frozen serta katakter yang dibawakannya tahun lalu. sedang untuk Daisuke Ono merupakan seiyuu kawakan yang sering membawakan karakter-karakter dengan cemerlangnya pada anime-anime yang fenomenal pula seperti Sebastian Michaelis (Kuroshitsuji),Shizuo Heiwajima (Durarara!), dan Kuroh Yatogami (K).

best lead

Jika ada karakter utama tentu saja ada karakter pendukung yang mampu membuat jalan cerita sebuah anime menjadi semakin ciamik dan berikut adalah beebrapa nama yang berhasil menyabet penghargaan untuk kategori Best Supporter Actor/Actress. Untuk kategori Best Supporting Actor dimenangkan oleh Katsuyuki Konishi  dan Toshiyuki Morikawa.Sedang untuk kategori Best Supporting Actress diraih oleh Miyuki Sawashiro Dan juga dimenangkan oleh Kana hanazawa. Dengan berbagai anime yang melejit tahun kemarin yang mereka isi seperti Tokyo ghoul, Noragami,Kill la kill, Akame ga kill, No Game No Life dan lainnya bukan hal yang mengejutkan mereka mampu meraih kemenangan ada kategori tersebut.

toshi

miyuki-kana

Seperti penghargaan-penghargaan yang lain tentu saja ada kategori pendatang terbaru (Best Newcomer). Untuk kategori Best Newcomer Male dimenangkan oleh 3 seiyuu yakni Ryouta Ohsaka, Soma Saito, dan Natsuki Hanae.Sedang untuk Best Newcomer Female dimenangkan oleh Sora Amamiya lalu Reina Ueda yang terakhir adalah Aya Suzaki. Masih ingatkan bagaimana tekenalnya Ace of Diamond,Tokyo ghoul, Akame ga Kill,Zankyou no Terror,dan Haikyuu!! Pada tahun kemarin? Mereka adalah para pengisi suara dari beberapa karakter penting dalam anime-anime tersebut dan juga anime-anime lainnya. Mereka adalah para pendatang baru yang digadang-gadang akan bersinar pada tahun ini dan dari keenam pemenang tersebut empat diantara pemenang merupaan seiyuu kelahiran tahun 90-an, bagaimana? muda dan keren kan mereka? hehehebest newcomer

 

newcomer

Untuk penghargaan lain adalah Singing aAwards yang jatuh pada grup μ’s pada anime Love Live. Bukanlah hal yang mengejutkan melihat seberapa populernya anime idol yang memiliki karakter-karakter yang imut-imut dan juga jago menyanyi ini untuk menyabet penghargaan pada kategori tersebut.

LoveLiveSeiyuu

Untuk kategori Best Personality diaraih oleh Daisuke Ono dan Hiroshi Kamiya berkat acara radio yang dipandu oleh mereka berdua Dear Girls ~Stories~ yang sangat popular di Jepang sana.

dear girls stories

Untuk kategori Popularity Award jatuh kepada Hiroshi Kamiya yang memenangkan kategori ini lagi selama 4 tahun berturut-turut sejak awal adanya kategori tersebut. Bukan hal yang mengejutkan bila Kamiya mampu menyabet penghargaan tersebut kembali melihat pembawaannya yang ceria serta supel ditambah dengan berbagai macam anime yang mendapuknya sebagi pengisi suara karakter utamanya begitu terkenal, sebut saja perannya sebagai Yato (Noragami) ataupun Levi (SnK) yang dibawakannya dengan baik.

kamiya hiroshi

Selamat atas kemenangan yang diraih tahun ini, semoga tahun depan mampu berkarya dengan lebih baik 🙂

  • axxol

    itu si Kamiya emang saiko deh!! Araragi no koe!