Jika berencana untuk melakukan perjalanan wisata ke Jepang, mungkin kalian harus memasukkan kota Beppu dalam daftar tempat wisata yang perlu kalian kunjungi. Kota Beppu adalah sebuah kota di prefektur Oita di pulau Kyushu, Jepang, yang terkenal dengan sumber air panas yang unik dan visual yang menakjubkan dan merupakan salah satu dari tiga besar hot springs (air panas) di Jepang. Yang menarik adalah sumber air panas di kota Beppu ini dikatakan terlalu panas untuk dijadikan sumber onsen karena memiliki temperatur berkisar 50-99,5 derajat Celcius (122-210 derajat Fahrenheit) sehingga dijuluki sebagai “sembilan neraka Beppu“.

Lalu apa saja sih sembilan neraka itu?? yuk kita simak.

Umi Jigoku (Laut Neraka)

Umi Jigoku

Umi Jigoki (neraka laut) adalah salah satu dari delapan mata air panas Meguri tur Beppu Jigoku. Air panas memiliki kolam unik, air biru kobalt, yang diciptakan oleh ledakan Gunung Tsurumi 300 tahun yang lalu. Air berwarna biru yang unik membuatnya disebut “umi,” yang berarti “laut” dalam bahasa Jepang, tapi suhu panas mata air sangat tinggi, sekitar 98 derajat Celcius. Air panas ini didinginkan dan digunakan untuk ashi-yu, di mana Kalian merendam hanya kaki kalian ke mata air panas. Fasilitas ashi-yu beratap sehingga Kalian dapat menikmati bahkan pada hari hujan. Fasilitas ini juga tersedia bagi mereka di kursi roda karena itu benar-benar dilengkapi dengan pegangan tangan.

Melewati pintu masuk Umi Jigoku, kalian akan melihat sebuah taman yang indah dengan kolam air berwarna hijau yang jelas, di mana Victoria amazonata dan air bunga lili yang mekar. Mata air yang mengalir melalui pipa-pipa di dalam dipasang di kolam, menjaga suhu air yang cocok bagi flora tropis seperti tumbuh. Kita dapat menikmati bunga dari Victoria amazonata dari awal Mei sampai pertengahan November. Pada musim Bon di Jepang, anak sekolah (di kelas yang lebih rendah dengan berat 20 kilogram atau lebih ringan) bisa mencoba naik daun Victoria amazonata.

Oniishibozu Jigoku (kepala gundul neraka)

Oniishibozu Jigoku

Dinamakan seperti itu tentu bukan tanpa sebab. Gelembung-gelembung lumpurnya yang muncul menyerupai kepala biksu Budha yang rmabutnya dicukur habis.  Kalo yang ini serem apa lucu sih yaa??

Shiraike Jigoku (kolam putih neraka)

Shiraike Jigoku

Shiraike Jigoku atau Kolam Putih Neraka, sesuai namanya merupakan kolam berisi air panas berwarna putih. Warna putihnya konon berasal dari mineral kalsium tinggi yang mendidih.

Yama Jigoku (gunung neraka)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Yama Jigoku atau Gunung Neraka, sebuah pesona lumpur yang terbentuk alami seperti sebuah gunung, hasil erupsi selama beratus-ratus tahun. Lumpur-lumpur banyak tersembur dari tempat ini sehingga lumpur-lumpur tersebut berubah menjadi gunung kecil beruap yang dikelilingi oleh banyak kolam-kolam kecil.

Kamado Jigoku (panci masak neraka)

Kamado Jigoku

Kamado Jigoku adalah salah satu tempat ziarah di Beppu Jigoku. Merupakan sebuah kumpulan kolam panas mendidih yang menampilkan patung setan merah terang sebagai juru masaknya. Di “neraka” ini, para pengunjung dapat meminum air panasnya, menikmati air panasnya di tangan dan kaki, menghirup uap air panas dan mencoba berbagai makanan ringan yang dimasak atau dikukus dengan air panas ini. Ada yang mau coba kukusan dari air panas neraka?

Oniyama Jigoku (gunung iblis neraka)

Oniyama-Jigoku

Oniyama Jigoku terkenal untuk fasilitas berkembang biak buaya, di sini ribuan buaya pernah dilahirkan. Oniyama Jigoku, yang dikenal sebagai Jigoku Crocodile, awal mula perkembang biakan buaya terjadi pada periode Taisho (1912-1926) dan buaya-buaya itu berhasil berkembang biak meskipun iklim di Beppu memiliki empat musim. Di sana Kita dapat melihat buaya makan pada setiap hari Sabtu dan Minggu (dari 10:00 dan 14:30), dan Rabu (dari 10:00). Sensasi memberi makan buaya yang melompat-lompat berebut makanan akan menjadi kepuasan tersendiri bagi pengunjung. Saat ini masih ada sekitar 90 buaya yang masih hidup.

Kinryu Jigoku (naga emas neraka)

Kinryu Jigoku

Kinryu Jigoku atau naga emas neraka. Di kolam ini terdapat patung naga besar, dan aliran air keluar dari hidung naga raksasa tersebut. Dari jauh, kolam ini tampak paling spektakuler dibanding yang lainnya.

Chinoike Jigoku (kolam darah neraka)

Chinoike Jigoku

Chinoike Jigoku atau kolam darah neraka. Nama ini diambil dari warna merah pekat air kolam yang berasal dari mineral besi.Tak hanya airnya saja, uap air yang meruap dari permukaan kolam pun berwarna kemerahan. Sumber air panas sewarna darah ini tercipta karena konsentrasi tinggi garam besi di daerah tersebut. Suhu air panas ini mencapai 90 derajat Celcius. Oleh karena itu, penduduk setempat menyebut mata air panas ini sebagai ‘neraka’.

Sumber air panas ini tidak disarankan untuk mandi, sebab suhunya sangat tinggi. Tetapi air panas di kolam darah ini memiliki khasiat kesehatan. Pengunjung bisa membeli salep yang terbuat dari tanah liat di sekitar kolam yang digunakan untuk mengobati penyakit kulit yang dijual di dekat mata air panas ini.

Tatsumaki Jigoku (semburan neraka)

Tatsumaki Jigoku

Neraka ke sembilan Tatsumaki Jigoku atau semburan neraka adalah gletser yang menyembur setiap 30 menit sekali dengan tingkat kepanasan mencapai 105 derajat celcius! Sampai terkena airnya, dijamin kulit manusia akan langsung melepuh. Jadi hati-hati ya jika kalian kesana, jangan lupa jaga jarak aman.

Baiklah akiba-kei dan akiba-chan, itulah tadi ulasan tentang sembilan neraka yang ada di jepang, sebagian ada yang menarik dan menakjukban, dan sebagian juga ada yang mengerikan. Tapi itu semua bukan berarti memang tempat itu benar-benar neraka yang ada di dunia ini loh ya, Semoga bisa menamambah pengetahuan dan wawasan kalian, salam 🙂