9 Macam Alas Kaki di Jepang

uwabakihako

Alas kaki merupakan salah satu hal yang tidak lepas dari kehidupan manusia. Tanpa alas kaki, dijalan telapak kaki kita bisa sakit terkena bebatuan dan benda asing. Tidak hanya itu, sekarang ini alas kaki juga berperan penting sebagai gaya fashion dalam kehidupan kita. Nahh, mari kita lihat yuk jenis alas kaki di  jepang ada apa aja… 😀

9 Macam jenis alas kaki di Jepang.

1. Kutsu – Sepatu

Sepatu
Sepatu

Seperti yang telah kita ketahui, sepatu merupakan alas kaki yang digunakan untuk melindungi kaki dari mulai bagian jemari hingga tumit dan punggung kaki. Sepatu berdasarkan fungsinya dibagi menjadi 4 kategori utama, yaitu : sepatu resmi (untuk sekolah, bekerja, dan acara resmi lainnya), santai (untuk jalan-jalan), dansa (khusus untuk dansa), dan olahraga(khusus untuk olahraga).

2. Geta

Geta
Geta

 

Geta merupakan alas kaki tradisional Jepang yang terbuat dari kayu. Geta terdiri dari 3 bagian pembentuknya, yaitu kayu persegialas telapak, bagian gigi (ha) dan kain penjepit (hanao). Geta biasanya digunakan ketika acara-acara tidak formal maupun hanya digunakan ketika jalan-jalan di jaman dahulu. Di Jepang sekarang masih sering digunakan. Di Indonesia kita kenal dengan nama bakiak(atau Kelompen?? :D) ya.. Bedanya ada di model dan bagiannya.

Neko Geta
Neko Geta

3. Heyabaki/Surippa 

surippa/heyabakia
surippa/heyabaki

Heyabaki adalah alas kaki yang khusus digunakan didalam rumah. Bentuknya tipis dan biasanya terbuat dari bulu-bulu yang sama dengan handuk. Kebiasaan menggunakan heyabaki sejak bangsa eropa masuk ke jepang, hal ini dikarenakan sebelumnya masyarakat Jepang pada jaman dahulu tidak menggunakan alas kaki di dalam rumah. Dikenal juga dengan nama surippa dari kata bahasa inggri slipper. Jika datang ke rumah orang Jepang, kalian akan dipersilahkan masuk dengan menggunakan surippa untuk tamu di genkan rumahnya.

surippa 2
surippa 2

4. Uwabaki 

uwabaki
uwabaki

Sepatu khusus yang digunakan di dalam area sekolah. Sekolah dari TK, SD, SMP, SMA di Jepang hampir semuanya menggunakan uwabaki ketika memasuki gedung sekolah. Awalnya mereka datang ke sekolah dengan sepatu sekolah dari rumah, begitu memasuki gedung, mereka menukarnya dengan uwabaki yang sudah disediakan oleh sekolah di loker penyimpanan sepatu. Penggunaan uwabaki di area gedung sekolah bertujuan agar kebersihan gedung sekolah tetap terjaga.

uwabakihako
uwabakihako

 

kawaii uwabaki
kawaii uwabaki

5. Room Boots

room boots
room boots

Room Boots atau sepatu bot kamar memiliki fungsi sama dengan heyabaki/surippa, hanya saja perbedaannya sepatu boots kamar digunakan ketika musim dingin.  Alas kaki digunakan agar kaki tetap hangat ketika musim dingin.

room boots
room boots

6. Zouri

Zouri
Zouri

Disebut sebagai sandal tradisional Jepang. Berbeda dengan geta yang tidak bisa digunakan untuk acara resmi, penggunaan zouri dapat digunakan untuk jalan-jalan biasa atau acara resmi. Zouri dikenakan ketika orang jepang menggunakan kimono. Biasanya digunakan oleh cewek.

Zouri
Zouri

7. Waraji 

Waraji
Waraji

Alas kaki yang terbuat dari jerami. Banyak digunakan ketika masyarakat akan berpergian jauh. Waraji memiliki tali untuk diikatkan di sekitar bagian mata kaki agar tidak mudah lepas. Para samurai juga paling sering menggunakan alas kaki ini. 😀 Sudah jarang digunakan.

tageda
tageda
waraji 2
waraji 2

8. Setta

setta
setta

Alas kaki yang berbentuk persegi panjang, terbentuk dari jerami dan dibawah alasnya terdapat lapisan kulit sapi. Bentuknya mirip dengan waraji, hanya saja bedanya tidak terdapat tali untuk diikatkan. Biasanya digunakan oleh cowok. 🙂 Hingga sekarang masih sering digunakan oleh masyarakat Jepang.

9. Tageda

tageda
tageda
tageda 2
tageda 2

Yang terakhir adalah tageda. Tageda merupakan jenis geta jaman dahulu yang digunakan petani ketika bersawah. Di era sekarang sudah tidak digunakan lagi, kalian akan menemukannya di museum museum ya. 😀

Petani menggunakan Tageda
Petani menggunakan Tageda

 

 

  • mikatsuki one

    wuah gue suka artikelnya sedikit menambah pengetahuan gue tentang jepang, thanks gan.