Halo akiba-chan dan akiba-kei semuanya! Apa diantara kalian ada yang sedang terserang ‘demam komik digital’? Ya, semakin berkembangnya zaman ternyata telah mengubah begitu banyak aspek dalam hidup kita, salah satunya dalam hal hiburan. Komik sebagai media hiburan yang sejak dulu telah menjadi primadona anak-anak dan remaja ternyata kini juga ikut berevolusi, tidak hanya dalam bentuk jilid buku saja tetapi juga dalam versi digital. Dan terhitung sejak tahun 2012, komik digital di Indonesia mulai marak di media sosial seperti facebook dan instagram. Apalagi sejak munculnya akun instagram @komikin_ajah dan aplikasi komik seluler ‘Line Webtoon’ yang membuat eksistensi komik digital Indonesia menjadi naik daun. Meskipun banyak pro dan kontra yang terjadi, namun perkembangan komik seperti ini justru telah membantu meningkatkan minat baca remaja Indonesia saat ini.

Hal tersebut tenyata memberi dampak positif yang cukup besar, salah satunya adalah munculnya komikus-komikus muda yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan seni ini. Beberapa diantara komik-komik buatan mereka telah dikenal lebih dari empat tahun, lho! Nah, komik-komik digital Indonesia apa saja sih yang menjadi favorit tahun ini? Kita simak, yuk!

 

1. My Pre-Wedding

Salah satu komik karya Annisa Nisfihani yang satu ini ternyata menjadi komik digital terfavorit tahun ini, lho! Ya, sejak komiknya mendapatkan penghargaan di kompetisi komik yang diadakan oleh Line Webtoon, ‘My Pre-Wedding’ kini menjadi sebuah komik fenomenal yang sangat disukai, khususnya untuk kalangan remaja 15 tahun ke atas. Komik ini mengisahkan tentang kehidupan cinta seorang PNS bernama Adelia yang secara mendadak dilamar oleh rekan kerjanya yang tampan bernama Adimas. Mereka berdua berkerja di sebuah kelurahan di Balikpapan. Adelia sendiri adalah adik sepupu Meka yang tidak lain adalah sahabat Adimas sejak SMA yang saat ini juga bekerja di tempat yang sama dengan mereka berdua. Adegan kocak dan romantis disuguhkan di setiap episode, sampai bikin deg-degan! Awas, jangan sampai baper, ya~

12715544_10206130004272654_1689658700773341328_n
Hayooo siapa yang belum baca?

Sayangnya, komik ini ternyata sudah dinyatakan tamat pada tanggal 5 Juni kemarin. Banyak readers yang kecewa akan kabar ini, tetapi jangan sedih! Dilansir dari akun facebook pribadinya, ia berjanji akan membuat komik sekuel dengan judul ‘Pasutri Gaje’ pada tanggal 7 Oktober nanti. Annisa juga mengungkapkan ucapan terima kasih terhadap semua readers yang selalu sabar menunggu kelanjutan dari komik ini.

Baca juga : Lebih Dekat dengan Komikus Muda Indonesia Annisa Nisfihani

 

2. Eggnoid

Komik romantis selanjutnya yang wajib kamu baca adalah ‘Eggnoid’! Komik ini mengisahkan tentang seorang remaja yatim piatu bernama Ran yang anti-social dan hidupnya hanya bergantung kepada sahabatnya bernama Olfie. Karena sebuah alasan, Olfie menghindar dari Ran dan mengaku bahwa dirinya telah berpacaran dengan Grace, Ran menjadi sedih dan merasa kesepian, seolah dirinya tidak memiliki siapa-siapa lagi di dunia ini. Namun semua berubah saat sebuah telur besar jatuh tepat di kamarnya yang ternyata isinya adalah laki-laki tampan!

eggg

Komik karya Archie The RedCat ini telah di subscribe sebanyak 1,1 juta orang dan selalu bertahan di komik terpopuler di Line Webtoon. Kisahnya yang sangat twisting membuat readers jadi gregetan bin gemas!

 

3. Tahilalats

Siapa yang tidak tahu komik yang satu ini? Ya, sebuah komik ber-genre komedi karya Nurfadli Mursyid telah mem-booming sejak satu tahun terakhir karena karakter-karakter buatannya yang sangat unik. Berawal dari iseng-iseng, ternyata komiknya menjadi favorit banyak orang! Apalagi sejak dirinya bergabung dengan @komikin_ajah dan Line Webtoon, komik ini menjadi tren kekinian tahun 2016 yang paling menggelitik! Meskipun bukan komik bersambung, namun di tiap episode komik Tahilalats selalu menyuguhkan komik strip singkat yang kocak dan terkadang ngeselin hehehehehe.

10352937_875375789196533_712698130988188839_n
Kenal tokoh ini? Gambar ‘Mark Zuckerberg’ versi Tahilalats ini memang ‘anjay’ yah!

Komik Tahilalats juga selalu bertahan di jajaran komik terpopuler Line Webtoon. Komik ini telah di subscribe oleh 1 juta orang dan telah mendapat rating sebanyak 9,67 poin. Selain itu, facebook fanpage nya juga telah mendapat lebih dari 200.000 likes.

 

4. Si Juki

Komik dengan genre komedi lainnya adalah ‘Si Juki’! Ya, komik yang satu ini sebenarnya telah dikenal sejak tahun 2012 dengan ratusan komik strip yang telah di upload di segala media sosial seperti facebook, twitter dan instagram. Komik karya Faza Meonk ini dikenal dengan kisah-kisah sehari-hari dan tidak jarang membahas tentang polemik politik dan seluk-beluk permasalahan yang terjadi di Indonesia.

12924490_1031936006843883_6402231395062634808_n
Karakter ‘Si Juki’ yang paling anti mainstream!

Komik ini ternyata terus bertahan hingga saat ini, dengan ikut meramaikan daftar bacaan di Line Webtoon. Selain itu, Si Juki juga masih ngeksis di media sosial seperti facebook dan twitter.

 

5. Piraku x Piraku

Salah satu komik karya Sweta Kartika ini menjadi favorit pembaca di Line Webtoon. Komik ini mengisahkan tentang perjalanan kehidupan sebuah keluarga superhero yang luar biasa jenaka. Dengan art style nya juga yang semakin mendukung unsur komedi dari komik ini. Piraku x Piraku mendapat rating sebanyak 9,59 poin dan telah di subscribe oleh 84.000 orang.

Screenshot_20160614_130505
Komik ‘Piraku x Piraku’ di Line Webtoon!

Sayangnya, komik ini telah dinyatakan selesai. Padahal komik ini benar-benar ringan sekali ceritanya dan sangat seru untuk diikuti. 🙁

 

6. Maghfirare

Apa diantara kalian ada yang masih asing dengan komik yang satu ini? Komik ‘Maghfirare’ mulai populer di facebook karena art style yang manis dan didukung oleh kisah-kisah curhatnya yang kekinian. Komik karya Adelia Maghfira ini menjadi favorit dan saat ini fanpage nya telah mendapat lebih dari 80.000 likes.

Screenshot_20160614_113954
Ini dia profil singkat dari creator Maghfirare! Kawaii yaa~ Sumber.

Komik ‘Maghfirare’ juga tergabung di @komikin_ajah yang tergolong aktif dan sering update. Meskipun belum masuk Line Webtoon, tetapi banyak dari penggemarnya yang meminta untuk segera menerbitkan komiknya ini di aplikasi komik tersebut. Kita tunggu saja yaa semoga komiknya segera diterbitin disana!

 

7. Risa Comics

Buat kalian yang masih aktif bermain facebook sepertinya pasti tahu komik yang satu ini~ Ya, komik strip yang paling update banget sama ‘drama yang sedang hangat diperbincangkan’ ini ternyata menjadi favorit juga, lho! Salah satu maskotnya yang bernama Risa adalah yang paling banyak difavoritkan karena…………….. ‘besar’ dan rada kritis 😀

risa_comic
Wujud dari ‘Risa Comics’ dari 2014 hingga 2016 tahun ini

Komik karya Cahyo Agung tercipta karena sebuah ketidaksengajaan. Berawal dari karakter Risa yang secara tidak sengaja ia buat untuk dijadikan maskot salah satu fanpage. Tetapi karena ada suatu permasalahan, akhirnya ia berinisiatif untuk membuat komik iseng-iseng. Tidak disangka, ternyata dari karakter Risa ini menjadi terus berkembang hingga akhirnya muncul beberapa tokoh lain yang ikut meramaikan komik tersebut. Hingga hari ini, Risa Comics terus dibanjiri penggemar hingga mendapat lebih dari 15.000 likes di facebook fanpage nya.

 

8. Coretan Harian

Komik selanjutnya ada ‘Coretan Harian’, nih! Sesuai judulnya, isi dari cerita komik ini sebagian besar tentang kehidupan sehari-hari dan agak lebih menjurus ke arah curhat sih heuheu–

13174043_491990054323827_5111097220981344028_n
Kemampuan yang luar biasa! 

Facebook fanpage dari komik ‘Coretan Harian’ telah mendapat lebih dari 50.000 likes. Komik ini menjadi cukup populer karena jokes nya ringan dan sering dialami oleh sebagian orang. Memang agak jarang update, tetapi dari komik-komik yang telah di publish selalu mendapat tanggapan yang baik dari penggemarnya.

 

9. GHOSTY’s Comic

Nah, buat kalian yang rada Otaku pasti tahu komik ini! Dengan jargon ‘sultan’ inilah yang membuat komik ‘Ghosty Comics’ menjadi tren tahun ini! Komik ini terkenal dengan kisah-kisah menggelitik tentang kehidupan seorang ‘sultan’ yang suka memborong barang-barang mewah ala Jejepangan, mulai dari mengoleksi action figure sampai doyan ngidol! Hahahahahahaha!

12733396_1745608505659000_2437265002623772025_n
Salah satu foto profil fanpage GHOSTY’s Comic saat meraih 30.000 likes.

Komik karya GHOSTYCORP tidak disangka ternyata menjadi populer tahun ini! Selain dengan ceritanya, karakter yang dibuat juga anti-mainstream. Ghosty Comics saat ini juga meramaikan daftar komik baru di Line Webtoon, lho! Ayoo buat kamu yang belum baca, buruan cek! Dijamin kocak deeh~

Itu dia komik-komik digital rekomendasi dari aku yang wajib kamu ikutin terus ceritanya! Sebenarnya masih banyak siih, tapi yang disebutin diatas itu yang menurutku populer di tahun ini. Oh iya, meskipun zaman semakin canggih, tapi jangan sampai lupakan buku-buku komik, ya! Kenapa? Karena tanpa buku komik, mungkin saat ini komik digital tidak pernah ada. Pokoknya, kita harus bangga sama karya anak bangsa, termasuk komik. Jangan pernah berhenti untuk terus support  para komikus kita, ya!

Oke deh, sekian ulasan untuk hari ini! Semoga di kemudian hari aku bisa ngebahas komik-komik versi buku yang tidak kalah populernya dengan komik digital hehe~ Jaa mata nee~~