Belakangan ini entah kenapa ada banyak kabar dari seri yang dianimasikan oleh studio Kyoto Animation. Ada kabar yang tak begitu baik dengan runtuhnya spot Anime Pilgrimage Lucky Star, tapi ada juga kabar positif berupa terciptanya Anime Pilgrimage di Australia berkat anime Free. Kali ini kabar unik datang dari anime Suzumiya Haruhi, dimana akan diadakan screening Haruhi Endless 8… selama 88 JAM!

Suzumiya Haruhi no Yuutsu mungkin judul yang fans animanga pernah dengar. Salah satu judul terpopuler dari studio Kyoto Animation dan juga salah satu anime adaptasi light novel yang paling dikenal. Tapi mungkin seri tersebut lebih dikenal lagi akan arc cerita Endless 8 yang dianimasikan untuk anime season duanya.

Saking terkenalnya, sampai beberapa waktu lalu seri anime tahik Pop Team Epic memparodikannya, dalam bentuk maraton perputaran ulang episode 8 anime itu sebanyak 8 kali. Menghasilkan total waktu durasi penayangan Endless Episode 8 Pop Team Epic selama 3-4 jam.

Entah mungkin terasa tertantang atau terinspirasi karena tindakan Pop Team Epic itu atau hal lain lagi, baru-baru ini diumumkan kalau anime Haruhi yang menciptakan fenomena Endless 8, akan melakukan hal itu juga. Malah mereka lebih EXTREME lagi, dengan durasi yang jauh JAUH lebih panjang lagi.

Dimana dikatakan kalau anime Suzumiya Haruhi akan mengadakan event screening yang ditayangkan melalui NicoNico Live, bernama Endless Eight 88 Hour Live Broadcast: Sekitar 1/9.077 Nagato Yuki Experience.

Nama event itu mereferensikan karakter Nagato Yuki yang menyaksikan perputaran ulang waktu kisah Endless Eight sebanyak 15.532 kali! Yang juga diperkirakan menjadi pemicu perkembangan terbesar karakter Nagato dan pendorong terjadinya event/movie Disappearance of Suzumiya Haruhi.

Dan ya, seperti yang telah dikatakan disitu, penayangan live itu memakan waktu delapan puluh delapan jam! Penayangannya berjalan minggu depan, dimulai dari tanggal 28 Agustus pada jam 8 pagi sampai tanggal 31 Agustus tengah malam.

Dikatakan kalau event ini akan menayangkan episode 12 sampai 18 akan Endless Eight arc, yang masing-masing tayang 88 jam, jadi total streaming konten event ini memiliki durasi sampai 616 jam!