Tokyo adalah salah satu kota wisata terbesar di Jepang. Dahulu pada zaman Edo, Tokyo adalah sebuah desa nelayan kecil yang menjadi pusat pemerintahan Tokugawa Ieyasu pada abad ke-16. Pada tahun 1868 itu menjadi ibukota resmi Jepang dan berganti nama menjadi Tokyo. Nah ngomongin tentang ini, mimin akan tunjukin nih tempat mana saja yang patut kalian kunjungi saat one-day trip di tokyo.

Pertama akiba-chan dan akiba-kei bisa membeli Tiket One-day Trip di Tokyo menggunakan jalur kereta hanya dengan 1.590 yen. Atau menggunakan kartu Suica / PASMO yang dapat diisi ulang. Jika kalian tinggal lebih lama sih sebenarnya bisa deh jalan-jalan ke lebih banyak tempat. Tapi karena cuman terbatas sehari mimin akan berikan rekomendasi yang tepat 😀

1 – Akihabara

Akihabara terlihat menyilaukan karena cahaya itu sebagian besar terdiri dari cahaya terang lampu aneka department store. Ini merupakan tempat yang tak lain adalah pusat merch anime, manga, idol dll. Meskipun kalian bukan golongan otaku berat, ada baiknya melihat – lihat toko untuk melihat beberapa barang menakjubkan yang dijual mulai dari videogame lama sampai aneka figure yang tak terhitung jumlahnya. Lalu diakhiri dengan mengunjungi maid cafe, dan bermain game dengan para maid. Cihui sungguh menyenangkan.

2 – Pasar Tradisional Tsukiji

Tsukiji merupakan salah satu pasar ikan paling terkenal di dunia. Tsukiji telah menjadi salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Tokyo bagi pecinta sushi, sashimi, dan olahan seafood lainnya. Kalian harus berada di sini pagi-pagi sekali untuk mengikuti pelelangan tuna, tapi kalian bisa datang kapan saja hanya untuk berjalan-jalan di sekitar area. Perlu diketahui bahwa meskipun masuk ke pelelangan tuna gratis, ada ruang terbatas dan orang mulai mengantri dari jam 3 pagi.

Stasiun Tsukiji ada di Jalur Hibiya, tapi perlu diketahui bahwa jika kalian berencana ke sini untuk jam 3 atau 4 pagi kereta bawah tanah itu belum tersedia maka pilihannya adalah kalian harus menginap di hotel terdekat!

3 – Shibuya

Berjalan selama tiga puluh menit dari Ginza maka kalian akan sampai di satu tempat paling ikonik di Tokyo, Shibuya! Shibuya Crossing termasuk ikon jepang yang sangat diburu wisatawan, sehingga tidak lengkap bila melakukan one-day trip di Tokyo tanpa melewati jalan ini. Selain itu, orang-orang yang mengenal cerita Hachiko – anjing yang datang ke Stasiun Shibuya setiap hari dengan setia menunggu almarhum tuannya – tidak akan mau ketinggalan. Kalian bisa berfoto dengan patung Hachiko di depan stasiun ini.

4 – Asakusa

Seperti yang sudah mimin jelaskan di artikel kemarin. Asakusa adalah tempat bersejarah yang menarik. Dan sayang untuk dilewatkan saat one-day trip di Tokyo. Kalian bisa berkunjung ke Kuil Sensoji, belanja di Nakamise dan jalan-jalan  di sekitarnya. Makanan lokal yang harus kalian coba adalah Kaminari-okoshi. Kemudian tak lupa untuk berkunjung ke Tokyo Sky Tree yang sangat tinggi. Asakusa juga merupakan pilihan tepat untuk makan siang dengan berbagai restoran, seperti tempura di Daikokuya Tempura Honten.

5 – Kastil Pemerintahan Tokyo

Di Stasiun Tokyo, kalian dapat menikmati bangunan abad kedua puluh dan juga membeli beberapa permen Tokyo Station sebagai suvenir saat berada di sana. Kemudian kalian dapat cukup mudah berjalan ke Istana Kekaisaran Tokyo. Dibangun di lokasi istana Edo tua, istana saat ini dibangun pada tahun 1960an dan merupakan rumah keluarga kerajaan Jepang. Istana dan kebun dikelilingi oleh parit, yang bersama dengan jembatan yang melintasi parit, menciptakan tempat yang indah bagi seseorang untuk berjalan-jalan dan juga mengambil foto yang instagramable.

6 – Kuil Meiji

Di dekat Harajuku, kalian akan menemukan Kuil Meiji. Tempat suci ini terletak di sebelah Taman Yoyogi dan didedikasikan untuk Kaisar Meiji dan Ratu Shoken yang meninggal dunia pada awal abad ke-20. Kawasan dari kuil dan taman itu sendiri termasuk hutan dengan puluhan ribu pohon, dan terlepas dari waktu sepanjang tahun, ini adalah area yang sangat bagus untuk dilalui. Tapi sangat populer saat musim bunga sakura di musim semi. Tempat suci itu sendiri sangat terkenal, dan biasanya ribuan orang berkunjung di hari-hari awal setiap tahun baru.

7 – Tempat Pembuatan Sake Yebisu

Akiba-chan dan akiba-kei sejatinya harus berjalan cukup jauh untuk melihat pembuatan bir sake di Tokyo. Setelah dari Kuil Meiji kalian bisa kembali ke jalur Yamanote hanya dengan dua pemberhentian selatan ke Ebisu. Di sini, di Yebisu Anda bisa belajar tentang sejarah pembuatan sake Yebisu di Jepang. Termasuk mencari tahu fakta menarik bahwa sebotol bir harganya lebih mahal dari harga makan malam. Dan pastinya bisa nyobain beberapa sake papan atas yang sulit kalian temukan.

8 – Roppongi Hills

Akhirnya, tempat terakhir yang harus kalian kunjungi saat one-day trip di Tokyo adalah Bukit Roppongi. Bukit ini dibangun di sepanjang konsepnya menjadi kota di dalam kota. Selesai dibangun pada tahun 2003 dan menggabungkan kebun, museum, tempat perbelanjaan mewah, restoran dan banyak lagi. Pasti sayang banget deh untuk dilewatkan.

Nah mimin sudah membantu membuatkan destination list untuk one-day trip di Tokyo kalian nih. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen dalam foto ya! XD