Seperti yang kita tahu bahwa pada era 80-an, televisi Indonesia telah dihiasi oleh banyak sekali tayangan-tayangan yang akan selalu membekas di ingatan kita dan juga sangat berkesan hingga saat ini. Sebut saja beberapa seri film dari Warkop D.K.I, Suzanna dan yang lainnya telah berjasa di awal perkembangan pertelevisian Indonesia, bahkan karyanya masih bisa dinikmati sampai sekarang. Siaran-siaran berita, olahraga dan kuis juga ikut memeriahkan tayangan televisi kita. Meskipun pada saat itu hanya ada satu channel televisi, namun antusias warga Indonesia sangat baik terhadap industri hiburan yang bagus dan berbobot. Hingga pada awal tahun 90-an mulai bermunculan televisi swasta dengan tayangan yang lebih variatif, salah satunya adalah program-program televisi yang didatangkan langsung dari Jepang. Masih ingatkah apa saja program-program televisi Jepang era 90-an yang pernah tayang di Indonesia? Kita bernostalgia sejenak, yuk!

 

1.Benteng Takeshi

Acara ini tayang pertama kali di Jepang pada tahun 1986 dan baru tayang di Indonesia di awal tahun 2000-an. Acara permainan ini melibatkan sekumpulan manusia seantero negeri yang berusaha menembus benteng milik sang raja, yaitu tuan Takeshi. Dengan berbagai rintangan yang dihadapi, para peserta akan tersisih sedikit demi sedikit dan hanya orang-orang yang beruntunglah yang dapat lolos ke tahap selanjutnya.

Castle
Salah satu cuplikan dalam acara tv game ‘Benteng Takeshi’. Sumber.

Acara ini diikuti oleh seratus peserta dari berbagai kalangan dan umur, baik laki-laki maupun perempuan. Di setiap arena akan ada satu orang reporter yang meliput situasi lokasi sekaligus mewawancarai peserta baik yang lolos maupun yang gagal. Yang membuat acara ini seru adalah karena penonton diajak untuk ‘gemas’ dengan tingkah laku peserta yang sedang melewati rintangan. Ditambah dengan sikap angkuh tuan Takeshi dan sang penasihat, Saburo Ishikura yang lucu dan menggelitik. Tayangan ini selalu ditunggu-tunggu oleh penonton setia Benteng Takeshi yang selalu penasaran dengan peserta yang mengikuti acara tersebut.

 

2. Super Sentai

Selanjutnya adalah program seri ‘Super Sentai’, pasti kalian sudah tahu kan? Super Sentai adalah serial drama tokusatsu dari Jepang yang mengisahkan tentang kelima pahlawan dengan ciri khas pakaian ketat dan helmnya warna-warni yang berjuang membela kebenaran dan membasmi kejahatan.

Apa bedanya dengan ‘Power Rangers’? Jadi, Power Rangers itu adalah adaptasi dari Super Sentai yang dibuat oleh Amerika Serikat, namun inti dari ceritanya tetap sama.

Karena minat penonton yang tinggi, maka serial televisi Super Sentai ini dibuat dengan banyak versi seperti Sentai Changeman, Kousoku Sentai Turbo Rangers, Choushinsei Flashman dan sebagainya. Tayangan ini menjadi acara favorit anak-anak pada masanya dan menjadi tontonan wajib ketika Minggu pagi. Hayooo, ngakuuu siapa yang pernah koleksi kartu-kartu atau pedang-pedangannya? ^_^

 

3. Ksatria Baja Hitam (Kamen Rider)

Masih tentang pahlawan yang khas dengan baju ketat dan helm, kali ini ada Kamen Rider! Ya, tokoh ini mirip seperti pada serial Super Sentai, bedanya dia berjuang sendiri. Bentuk helmnya yang mirip dengan lebah ini juga menjadi salah satu ciri tersendiri dari sang ksatria. Acara ini sempat tayang cukup lama di Indonesia dan menjadi salah satu tontonan favorit keluarga.

black-kamen-rider1
Salah satu seri Tokusatsu Ksatria Baja Hitam yang cukup populer, “Kamen Rider Black” sempat tayang di Indonesia cukup lama. Sumber.

Sama seperti Super Sentai, Kamen Rider mengalami variasi tokoh dan cerita seiring dengan perkembangan teknologi pada masanya. Meskipun demikian, kisah perjalanan Kamen Rider tetaplah sama, yaitu membasmi kejahatan!

 

4. Sailor Moon

Anime shoujo ini adalah anime pahlawan dari Jepang yang cukup melegenda. Mengisahkan tentang lima perempuan cantik yang memiliki kekuatan tata surya untuk menyelamatkan dunia dari kejahatan. Serial anime Sailor Moon sendiri diangkat dari versi manga dengan judul yang sama yang dibuat oleh seniman manga terkenal bernama Naoko Takeuchi.

homepage-sailor-moon-quiz
Yang mana jagoanmu? Sumber.

Sosok pahlawan dengan gaya seperti ini menjadi tren anime-anime shoujo selanjutnya dimana konsep pakaiannya juga terinspirasi dari seragam sekolah atau seifuku ala Jepang yang identik dengan kostum pelaut.

 

5. Ninja Hattori

Kembali ke tayangan anime, kali ini adalah pahlawan ninja cilik yang lincah dan konyol bernama Hattori. Sama seperti anime pada umumnya, cerita yang diadaptasipun diangkat dari serial manga dengan judul serupa. Manga yang dibuat oleh Fujiko Fujio juga diangkat menjadi drama televisi dan permainan.

ninja-hattori-wallpaper
Inilah tokoh-tokoh yang sering muncul di anime ‘Ninja Hattori’, masih ingatkah nama-namanya? Sumber.

Fujiko Fujio adalah salah satu duo mangaka yang sangat melegenda dan telah menciptakan beberapa serial manga lainnya seperti Doraemon dan Obake no Q-Taro. Fujiko Fujio sendiri merupakan gabungan nama pena dari dua orang yang bernama Fujimoto Hiroshi dan Abiko Motoo.

 

6. Kobo-chan

Kobo-chan, siapa sih yang akan melupakan tingkah lucu anak laki-laki yang satu ini? Ya, anime yang juga pernah meramaikan televisi di Indonesia ini telah membuat banyak orang terhibur oleh tingkahnya. Manga-nya pun ternyata juga menjadi salah satu buku bacaan favorit anak-anak baik di Indonesia maupun di Jepang. Wah, luar biasa ya!

Lirik Lagu Kobo Chan versi Indonesia - Kobo
Kobo-chan yang ceria! Sumber.

Kini, anime Kobo-chan masih diputar ulang di salah satu televisi swasta setiap pagi. Ayo, siapa yang masih suka nonton? Hihihi!

 

7. Robot Kabutaku (B-Robo Kabutaku)

Jangan sampai kamu melupakan serial TV yang satu ini! Ya, robot Kabutaku! Masih ingat dengan robot merah yang lucu ini? Nah, tokoh tokusatsu yang satu ini sedikit berbeda dengan tayangan-tayangan tokusatsu lainnya, robot Kabutaku ini merupakan tokoh yang benar-benar robot! Robot ini bisa bertransformasi juga, lho!

kabutaku11
Kabutaku saat menghadapi B-Robo jahat! Sumber.

Menurut cerita, Kabutaku adalah salah satu robot ciptaan profesor Torahiko Koenji yang pada akhirnya bersahabat dengan cucunya bernama Yuzuru Koenji. Tidak hanya Kabutaku, sang profesor juga menciptakan B-Robo lainnya seperti Gerotan, Kuwajiro, Tentorina dan yang lainnya. Uniknya, B-Robo ini ternyata ada yang baik dan ada juga yang jahat, lho! Mereka sering bertarung meskipun tidak sesangar Kamen Rider atau serial tokusatsu lainnya.

Karakter-karakter robot menggemaskan dari serial televisi Kabutaku ini ternyata sangat menarik minat anak-anak. Bahkan tidak sedikit orang-orang yang menjual robot mainan ataupun action figure dari robot-robot ini. Nah, apa kalian pernah mengoleksi mainan tersebut? 😀

 

8. Chibi Maruko-chan

Satu lagi anime anak yang menggemaskan! Chibi Maruko-chan diangkat dari manga populer yang dibuat oleh Momoko Sakura yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari Maruko-chan yang selalu dipenuhi oleh tingkah konyol. Ia pun sering dimarahi oleh ibunya dan sering berantem dengan kakaknya. Maruko-chan sering mendapat nilai jelek ketika ujian dan ceroboh. Tapi dibalik kekurangannya, Maruko-chan adalah anak yang ceria dan semangat.

069275700_1436610651-Chibi-Maruko-chan
Keluarga Sakura yang bahagia! Sumber.

Tahukah kamu? Kini banyak musisi muda yang ternyata juga rindu akan anime Chibi Maruko-chan, lho! Berikut salah satu video klip lagu cover oleh Ananda Apriliani yang satu ini! Video yang telah di upload satu tahun lalu telah menyita perhatian netizen hingga berhasil meraih lebih dari 400 ribu viewers. Wow! Kita simak, yuk!

Nah, gimana minna-san? Sudah terasa belum nostalgianya? Sebenarnya masih banyak banget ya tayangan-tayangan televisi dari Jepang lainnya yang belum aku sebutkan disini, tetapi aku harap beberapa poin tadi bisa menyembuhkan rasa kangen kita akan masa kecil yang bahagia, ya? Hehe~ Ternyata masa-masa yang indah dimana televisi kita masih dihiasi oleh acara untuk anak-anak tanpa dicemari tayangan orang pacaran seperti saat ini pasti akan kita rindukan sampai kapanpun. Apalagi tayangan-tayangan yang baru saja disebutkan diatas didominasi oleh kisah-kisah heroik yang mengajarkan kita untuk saling membantu dan berbuat baik. Masihkah ada tayangan dengan kualitas seperti itu sekarang? Mungkin ada, tapi hanya minoritas.

 

Nah, itu saja yang kita bahas kali ini! Semoga terhibur dan terima kasih atas kunjungannya! Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu juga ya biar nostalgia bareng-bareng! >w<