8 makhluk mitologi jepang

makhluk mitologi jepang
makhluk mitologi jepang

Akiba-chan dan Akiba-kei uda pada tau ga makhluk mitologi Jepang ada apa aja??? Dalam cerita rakyat Jepang, makhluk mitologi Jepang atau makhluk legenda dari Jepang sering muncul dan memiliki tugas dan karakter uniknya masing-masing. Tidak semua makhluk mitologi dianggap baik oleh masyarakat Jepang, akan tetapi mereka juga percaya sebagian makhluk mitologi tersebut membawa bencana. Nggak sedikit juga lho yang menganggapnya sebagai Dewa. Keberadaan makhluk ini diyakini oleh sebagian orang benar-benar ada, namun juga ada pula yang sama sekali tidak percaya akan makhluk tersebut karena tidak ada bukti nyata. Yahh namanya aja makhluk legenda, percaya ga percaya tergantung keyakinan masing-masing sih ya.. Oke deh ga usah lama-lama, langsung aja simak 8 makhluk mitologi jepang… ( ^ω^)

1. Kirin

kirin
kirin


Kirin secara harfiah memiliki arti Jerapah. Tapi ini beda yaa.. kirin yang dimaksud yang satu ini adalah makhluk mitologi berbentuk kuda tapi kepala mirip naga dan berasal dari China. Rupanya agak serem ya?? eitttss jangan salah, makhluk ini dipercaya sebagai pembawa keberuntungan lhoo..  

2. Komainu

komainu
komainu


Biasanya namun tidak selalu, patung hewan ini dibuat dari batu, dimana ia merupakan penjaga disisi-sisi pintu masuk ke kuil Shinto dan mempunyai banyak tugas yang hampir sama seperti Gargoyle di gereja-gereja barat. Selalu berpasangan dimana yang satu dengan mulut terbuka dan yang satunya mulut tertutup. Disebutkan mulut yang terbuka dan tertutup itu menyerupai mulut yang mengucapkan a (saat mulut terbuka) dan mengucapkan um (saat tertutup) yang jika diucapkan secara bersamaan akan terdengar seperti om dalam bahasa sansekerta yang berarti awal dan akhir.

3. Shachihoko

shachihoko
shachihoko


Adalah mahluk mitologi yang merupakan perpaduan dari ikan dan naga dimana ia merupakan penyebab turun nya hujan, oleh sebab itu bangunan tradisional jepang banyak memasang patung binatang ini diatap rumah mereka supaya terhindar dari bahaya kebakaran.
4. Dragon (Naga)

naga
naga


Mahluk raksasa, berbadan seperti ular, dan dikenal di beberapa negara di dunia. Naga Jepang dipercaya sebagai makhluk mitologi yang dihormati sebagai hewan suci.

5. Kitsune

kitsune
kitsune

Dalam bahasa Jepang berarti rubah. Di beberapa cerita rakyat Jepang rubah identik memiliki sifat cerdas dan dapat melakukan sihir. Kitsune jugayakini dapat merubah wujudnya menjadi manusia. Dalam legenda, rubah sering diceritakan sebagai penjaga yang setia, teman, kekasih, atau istri, walaupun sering terdapat kisah rubah menipu manusia. Kitsune juga sering diberi persembahan oleh masyarakat Jepang.

6. Tengu

tengu
tengu
karasu tengu
karasu tengu

Tengu merupakan makhluk mitologi yang sangat terkenal di Jepang. Dipercaya sebagai salah satu dewa penunggu gunung dan memiliki dua jenis yang berbeda. Yang pertama adalah Konoha Tengu, ciri-ciri khasnya memiliki hidung panjang, berwajah merah, bersayap dan memelihara kuku kaki dan tangan yang panjang. Tengu ini berpakaian seperti pendeta yamabushi (pendeta Budha) dan memiliki kekuatan supranatural. Disebut juga Yamabushi Tengu. Jenis Tengu yang lain adalah Karasu Tengu, berciri-ciri  memiliki kepala dan paruh seperti burung.

7. Nue

nue
nue

Legenda makhluk Nue sudah ada sejak jaman dahulu kala. Memiliki bentuk tubuh seperti harimau, berkepala monyet dan berekor seperti ular. Bagi manusia yang pernah bertemu dengan makhluk mitologi ini dipeercaya akan menderita penyakit dana akan mengalami hal burukk.. ihhhhhh syeereemmmm !! ( #`Д´)

  8. Tsuchinoko

tsuchinoko
tsuchinoko

Tsuchinoko merupakan hewan reptil seperti ular tapi tubuhnya lebih lebar dibandingkan kepalanya, memiliki ekor seperti tikus. Sampai saat ini ada beberapa orang yang mengaku pernah menemukan tsuchinoko, tapi belum ada bukti nyata akan keberadaan Tsuchinoko ini. Hewan yang memiliki nama lain Bachihebi ini termasuk hewan legenda dan bagi siapa saja yang bisa menemukan dan menyerahkannya pada pemerintah akan diberi hadiah 100 juta yen lhoo… Nah percaya nggak percaya tergantung masing masing orang sih ya… (*≧∇≦*)

SHARE
Previous article“Omoide No Marnie” Gebrakan Baru GHIBLI
Next articleMOZU, Dorama Jepang garapan Tim Indonesia
やるキ、げんキ、ゆキでーす! 国立スラバヤ大学卒業生(もうすぐ笑)、富山大学日研生でした。 ジャワ語、インドネシア語、英語、日本語。 O型、多趣味、偏見のない、チャレンジ好き、ダジャレ好き、たまに真剣(笑) 音楽:ジャニーズ(特NEWSとKAT-TUN)、アニソン、ボカロ、歌い手 やりたいこと:世界旅(宇宙も) どうぞ気軽にお話をかけてみてください!♪ Hello, Yuki Nyan here~ I've graduated from State University of Surabaya and I've been study abroad in Toyama University. Javanese, Bahasa Indonesia, English, Japanese. Blood type O, multivaried interests, open-minded, love to challenge, love jokes, sometimes being serious (lol) Music: Johnny's Entertainment (especially NEWS and KAT-TUN), Anisong, Vocaloid, Utaite Wanna do: World Journey (and also Space) Feel free to talk me~