Dalam hidup ada berbagai sisi. Disatu bagian ada yang mengalami kerugian, tapi pada sisi lain bisa ada juga yang mengalami keuntungan. Sebelumnya kita sudah melihat beberapa bisnis otaku yang mengalami penurunan dalam hal keuntungan dari tahun 2015 lalu sampai tahun 2017 ini. Nah sekarang kita akan melihat sisi baliknya. Karena kalau 8 Bisnis Hobi Otaku ini makin laris saja di Jepang dari tahun ke tahun.

Sama dengan kabar bisnis otaku yang menurun, data ini didapat dari research yang dilakukan Penelitian Yano yang dibuat di Tokyo. Mereka melihat perubahan yang terjadi dalam sector bisnis berbagai bisnis otaku berdasarkan genre dan fandom dari tahun 2015 sampai 2017 di Jepang. Dan yang kali ini adalah bisnis yang terus mengalami kenaikan sampai tahun ini.

Puroresu

Puroresu adalah sebutan untuk Pro Wrestling Jepang. Memiliki beberapa perbedaan dibanding versi barat seperti WWE, seperti stunt performance yang lebih full contact lagi. Hal itu sepertinya membuat Puroresu memiliki fandom yang lebih semangat lagi, yang terlihat dengan keuntungannya yang naik setiap tahun. Dari 12,4 milliar Yen tahun 2015, kemudian 12,6 tahun 2016, dan tahun ini mencapai 13,2 milliar Yen.

 

Military

Dengan adanya berbagai manga dan anime dimana senjata api dan prajurit perang modern muncul, tak heran banyak juga hobi otaku militer. Hobi otaku ini termasuk tak hanya model kendaraan militer, tapi juga model senjata dan Sabage (survival game). Bahkan produser anime Murahama Shoji juga kadang melakukan Sabage. Keuntungan hobi ini 19,7 milliar Yen tahun 2015, dan naik jadi 20,3 milliar ditahun 2016, dan tahun 2017 ini mencapai 20,9 milliar Yen.

 

Train Miniature/Diorama

Mina-san dulu suka main kereta-keretaan? Kereta memiliki banyak peran dalam transportasi warga Jepang, tak hanya Shinkansen tapi juga kereta lama, bahkan sampai ada restoran kereta. Dan mengoleksi model kereta dan atau membuat diorama juga banyak disenangi disana. Keuntungan hobi ini tak berubah pada tahun 2015-2016, dengan jumlahnya tetap 10,5 millar Yen, tapi tahun ini ada kenaikan jadi 10,8 milliar Yen.

 

Plastic Model/Gunpla

Dalam kategori yang berbeda dengan model Tank dan kereta, adalah hobi model plastic lainnya, termasuk Gundam Plastic model. Tak mengherankan dengan kesuksesan anime Gundam dan genre Mecha di Jepang. Sampai mereka membuat anime soal Gunpla, bahkan pernah dibuka sesi pengajaran Gunpla nyata. Hobi PlaMo ini mendapat keuntungan 26,6 milliar Yen tahun 2015, kemudian 27,5 milliar tahun 2016, dan tahun ini mencapai 27,7 milliar Yen.

 

Vocaloid

Sebagai pencipta Hatsune Miku dan Vocaloid, wajar jika produk tersebut sangat popular. Apalagi dengan program macam MMD dan website Nico Nico, yang mendorong popularitas hobi itu lagi. Walau idol nyata lebih besar lagi keuntungannya, idol virtual ini tetap memiliki keuntungan yang naik terus setiap tahunnya. Dengan keuntungan sebesar 9,2 milliar tahun 2015, 9,6 ditahun 2016, dan tahun 2017 ini mereka memecah batas dengan keuntungan sampai 10 milliar Yen.

 

Figure

Semakin banyaknya animanga dan game yang dibuat, semakin banyak pula dibuatnya merchandize figure. Apalagi dengan semakin cepatnya produser Figure untuk memproduksi Figure berukuran life-size. Industry bisnis hobi otaku tersebut menunjukkan kenaikan yang bagus pada tahun 2017 ini. Pada tahun 2015-2016 keuntungannya tak berubah, tetap berjumlah 32 milliar Yen, tapi tahun ini ada kenaikan menjadi 32,5 milliar Yen.

 

Doujinshi

Dengan maraknya Comiket, event otaku terbesar dan terkemuka di Jepang, jadi banyak sekali pembeli dan penjual Doujinshi. Apalagi diluar event itu, perkembangan teknologi membuat penjualan Doujinshi secara digital juga banyak. Tak heran bisnis Doujinshi memiliki keuntungan nomor 2 terbesar dalam list Yano Research ini. Dengan keuntungan tahun 2015 mencapai 77,5 milliar, 2016 mencapai 79,5 milliar, dan tahun 2017 ini mencapai 81,7 milliar Yen.

 

Idol

Bisnis Doujinshi memiliki keuntungan nomor 2 terbesar, tapi yang nomor 1 adalah hobi Idol. Dan memang itu wajar, dengan maraknya idol baik individual ataupun dalam grup, dan ini juga termasuk idol pria. Dunia anime juga punya banyak idol, baik dalam bentuk karakter fiksi ataupun seiyuu, bahkan idol juga bisa jadi Seiyuu.

Keuntungannya sangat besar, tahun 2015 saja keuntungannya mencapai 155 milliar Yen! Dan 2016 naik lagi jadi 187 milliar, dan tahun 2017 ini keuntungannya memecah batas, dengan jumlah yang mencapai 210 milliar Yen.

https://www.youtube.com/watch?v=zK_e8mCa5H0