Media anime sudah semakin menyebar ke barat. Tak hanya semakin bermunculan kabar adaptasi live-action animanga buatan barat, tapi beberapa film anime juga sudah ada yang mencoba meraih penghargaan Oscar, walau sayangnya yang menang sampai saat ini baru Spirited Away buatan Ghibli. Tapi tentu itu tetap takkan menghentikan aliran anime kesitu, dan baru-baru ini dikabarkan kalau sudah ada 8 anime dikirim untuk konsiderasi Oscar Animated Feature.

Dalam penghargaan Oscar yang sebelumsebelumnya ada berbagai nama-nama besar yang dikirim untuk masuk konsiderasi Oscar, dari Koe no Katachi sampai Kimi no Na wa. Tapi tak banyak yang berhasil masuk daftar nominasi, apalagi menang.

anime movie

Memang penghargaan tersebut sangat ketat apalagi pada karya anime. Tapi kita berharap saja ada yang setidaknya bisa masuk nominasi diantara list ini ya mina-san 😉 Mari kita lihat siapa saja yang telah dikirim untuk dipertimbangkan oleh acara Oscar, dengan list daftar yang lolos masuk nominasi akan diumumkan Januari 2019 nanti;

 

Mirai no Mirai, film anime terbaru dari sutradara terkenal Hosoda Mamoru, dan dianimasikan oleh Studio Chizu. Mengisahkan seorang anak lelaki bernama Kun-chan yang cemburu pada adiknya yang baru lahir, Mirai. Tapi kemudian ia bertemu dengan seorang gadis remaja yang ternyata Mirai yang datang dari masa depan.

 

Uchiage Hanabi, Shita kara Miruka? Yoko kara Miruka?, film anime buatan SHAFT yang disutradai oleh Takeuchi Nobuyuki dan Shinbou Akiyuki. Mengisahkan seorang anak remaja bernama Norimichi yang menerima undangan dari gadis yang disukainya, Nazuna, untuk kabur bersamanya.

 

Liz to Aoi Tori, film yang dianimasikan oleh Kyoto Animation dan disutradai oleh Yamada Naoko. Film ini merupakan spinoff dari anime KyoAni lain, Hibike Euphonium 2. Mengisahkan dua sahabat Nozomi dan Mizore, yang walau keduanya sangat dekat, mulai menyadari kalau mungkin mereka takkan bisa terus bersama selamanya.

 

Uchuu no Hou: Renmei hen, film anime religious yang disutradai oleh Imakake Osamu dan dianimasikan HS Animation. Film ini merupakan sequel dari film UFO Gakuen no Himitsu, dan diumumkan dibuat dalam bentuk trilogy, dengan Renmei hen merupakan Part 1. Mengisahkan lima remaja yang berhadapan dengan spesies alien bernama Greys.

 

MFKZ, atau Mutafukaz, adalah film adaptasi seri komik buatan Guillaume Renard dengan judul yang sama, yang dibuat dengan kerjasama antara Studio 4C dari Jepang dan penerbit komik/game Ankama asal Prancis. Mengisahkan seorang anak lelaki bernama Angelino, yang mendapatkan kekuatan supernatural setelah mengalami kecelakaan scooter.

 

Yoake tsugeru Lu no Uta, film yang disutradai oleh animator terkenal Yuasa Masaaki dan dianimasikan oleh Science SARU. Mengisahkan tiga anak SMP bernama Kai, Kunio, dan Yuuho, yang saat sedang berlatih nge-band dalam sebuah pulau bernama Pulau Putri Duyung, bertemu seorang putri duyung asli bernama Lu.

 

Yoru wa Mijikashi Aruke yo Otome, yang juga dari studio dan sutradara yang sama dengan Lu no Uta. Mengisahkan seorang gadis muda yang blak-blakan yang berpetualang menghadapi dunia malam Kyoto sambil minum-minum bersama dengan teman kuliahnya.

 

Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou, atau SayoAsa, adalah film anime baru dari P.A. Works dan Showgate yang disutradai oleh Okada Mari. Mengisahkan perkembangan hubungan seorang gadis bernama Maquia yang takkan pernah tua dan seorang anak lelaki bernama Ariel yang dapat tumbuh tua layaknya manusia biasa.

Comments